Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Ayam goreng dan ayam bakar adalah dua menu makanan favorit masyarakat umum di berbagai belahan dunia. Namun, sebenarnya mana yang lebih sehat, ayam yang digoreng atau dimasak dengan cara dibakar?

Kendati memasak dengan cara menggoreng lebih umum dilakukan, namun ternyata hal ini dianggap membuat makanan yang dikonsumsi menjadi tidak sehat.

Dilansir dari Live Strong, Selasa (7/3/2023), kunci memasak yang sehat adalah rasa dan mempertahankan nutrisi makanan yang akan dimakan, tentunya tanpa menambahkan bahan tambahan seperti lemak, garam atau gula secara berlebihan.

Memasak dengan cara memanggang atau membakar sering dianggap lebih baik dari menggoreng, namun bukan berarti itu satu-satunya metode yang sehat dalam menyajikan makanan.

Jadi, lebih sehat ayam goreng atau ayam bakar?

Menurut American Heart Association, memanggang adalah cara memasak makanan secara perlahan di dalam oven dengan api kecil. Metode ini memungkinkan kelembaban alami bahan makanan menguap secara perlahan.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minum Air Mineral atau Rebusan?

Memasak dengan cara kering ini akan menghilangkan kebutuhan lemak tambahan. Sebab, makanan yang dimasak dengan cara memanggang, ayam panggang atau ayam bakar misalnya, tidak lagi memerlukan lemak tambahan.

Namun, jika Anda ingin tetap mendapatkan asupan lemak pada makanan yang dimasak, maka metode grilled atau dipanggang di atas bara api, mungkin dapat lebih bermanfaat, misalnya ayam bakar.

Menurut Mayo Clinic, salah satu manfaat memanggang makanan di atas bara api ini adalah memungkinkan lemak menetes dari makanan selama proses memasak dilakukan.

Lantas, kenapa makanan yang digoreng, seperti ayam goreng dianggap tidak sehat?

Memanggang makanan di atas api langsung maupun di-oven adalah pilihan cara memasak yang baik.

Cara tersebut bisa dilakukan untuk Anda yang tidak ingin memasak ayam atau lauk apa pun dengan penggorengan.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minyak Sawit atau Kelapa?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com