Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Unik, Ayam Juga Bisa Tersipu Saat Emosional

Kompas.com - 01/05/2024, 16:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa ayam juga bisa tersipu saat emosional? Sebuah studi baru menunjukkan bahwa, seperti pada manusia, kemerahan pada kulit wajah ayam merupakan indikasi respons emosional yang terangsang.

Penelitian sebelumnya telah mengatakan bshwa kemerahan pada wajah dapat mengindikasikan gairah pada burung seperti macaw dan burung nasar, sehingga ahli etologi Universitas Tours, Delphine Soulet, dan rekannya meneliti sifat ini untuk melihat apakah hal itu juga berlaku bagi keadaan emosional pada ayam (Galus gallus domesticus).

Peneliti melakukannya dengan merekam perilaku enam ekor ayam Sussex, beberapa hidup di alam, selama aktivitas terkontrol yang berbeda.

Hal ini mencakup aktivitas yang menarik, seperti mandi debu dan diberi makan ulat bambu, serta kondisi yang terkait dengan rasa takut seperti ditangkap dan ditahan.

Dengan bantuan ribuan gambar diam yang diambil dari rekaman ayam, dan algoritma yang dirancang khusus, para peneliti menganalisis tingkat kemerahan pada jengger, pipi, cuping telinga, dan pial (penutup kulit di bawah dagu yang menjuntai).

Baca juga: Berapa Lama Ayam Bisa Hidup?

Soulet mengatakan, meskipun temuannya masih awal karena ukuran sampel yang kecil, ia melaporkan bahwa berkurangnya kemerahan pada pipi dan cuping telinga ayam mungkin mengindikasikan perasaan tenang dan puas.

Sebaliknya, semakin banyak kemerahan pada wajah tampaknya menunjukkan gairah emosional yang lebih tinggi, termasuk kegembiraan saat makan makanan favorit seperti ulat bambu, atau saat merasa takut.

Soulet dan rekannya juga secara bertahap memperkenalkan 13 ekor ayam Sussex kepada seorang peneliti selama periode lima minggu, sementara 12 ekor lainnya dibiarkan begitu saja.

Mereka mencatat, ayam yang terhabituasi menunjukkan rasa takut dan kemerahan pada kulit wajah yang jauh lebih rendah di hadapan manusia dibandingkan dengan ayam yang tidak terhabituasi dalam reaktivitas terhadap pengujian pada manusia.

Dengan beberapa penelitian lebih lanjut, kemerahan pada wajah bisa menjadi indikator kuat kesejahteraan ayam. Hal ini juga berguna dalam menafsirkan interaksi sosial dan hierarki antar individu burung – sesuatu yang juga ingin dieksplorasi oleh para peneliti.

Baca juga: Apa Ayam Bisa Melihat dalam Gelap?

Meskipun sama kompleksnya secara kognitif, emosional, dan sosial seperti banyak burung dan mamalia lainnya, ayam sering disalahartikan sebagai hewan yang tidak cerdas.

Dengan demikian, memahami bagaimana ayam mengekspresikan emosi adalah langkah penting untuk lebih memahami tingkat perasaan dan kecerdasan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com