Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2024, 15:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ayam merupakan salah satu hewan yang paling mudah ditemui dan umum dipelihara sebagai ternak di pekarangan atau kebun kita.

Namun pernahkah bertanya-tanya berapa lama sih sebenarnya ayam bisa hidup?

Baca juga: Terawetkan dengan Baik, Telur Ayam dari Zaman Romawi Ini Masih Utuh

Mengutip IFL Science, Jumat (22/3/2024) kebanyakan ayam peliharaan modern (Gallus gallus domesticus) berevolusi dari ayam hutan merah (Gallus gallus) di Asia Tenggara sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Ayam hutan merah jauh lebih kecil dibandingkan ayam modern yang kita kenal sekarang dan mempunyai umur rata-rata sekitar 10-30 tahun.

Sementara untuk ayam peliharaan modern, ada bukti yang bertentangan tentang berapa lama rata-rata mereka yang dipelihara dapat hidup.

University of Wisconsin-Madison menyatakan bahwa ayam peliharaan akan hidup selama 6-8 tahun.

Sedangkan Purina Mills menyarankan bahwa ayam di kandang akan hidup antara 8 dan 10 tahun.

Lalu, umur maksimum ayam yang berada di penangkaran diperkirakan 30 tahun, meskipun antara 15 dan 20 tahun dianggap sebagai perkiraan yang lebih konservatif untuk usia maksimum.

Berbeda dengan ayam broiler yaitu ayam yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Situs Animal Aid menunjukkan ayam-ayam tersebut bisa punya umur sekitar enam tahun.

Menurut Guinness World Records, ayam tertua yang pernah ada adalah ayam Red Quilled Muffed American Game bernama Muffy, yang hidup hingga usia 23 tahun 152 hari dan mati di AS pada bulan November 2011.

Baca juga: Mengapa Ayam Berkokok Saat Setelah Bertelur?

Rekor setelahnya dipegang oleh seekor ayam bernama Peanut yang mati di usia 21 tahun dan 238 hari pada Desember 2023 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com