Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terawetkan dengan Baik, Telur Ayam dari Zaman Romawi Ini Masih Utuh

Kompas.com - 18/02/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemindaian tiga dimensi sebuah telur mengungkapkan hal yang menarik.

Pasalnya ini bukan telur biasa melainkan telur berusia 1.700 tahun yanag ditemukan di situs Romawi di Inggris.

Baca juga: Peneliti Menduga Telur Dinosaurus Awal Bercangkang Kasar

Hasil pemindaian menunjukkan telur masih utuh bahkan memiliki sisa kuning telur dan putih di dalamnya.

Telur ini pun diperkirakan satu-satunya telur ayam berusia berabad-abad yang bagian dalamnya terawetkan dengan baik.

"Kami benar-benar terkejut karena kami mengira isinya telah hilang," ungkap Edward Biddulph, manajer proyek senior di perusahaan swasta Oxford Archaeology.

Penemuan telur

Mengutip Live Science, Jumat (16/2/2024) telur ini merupakan satu dari empat telur yang ditemukan beberapa tahun lalu selama penggalian arkeologi di situs era Romawi di kota Aylesbury, Inggris tengah, sekitar 30 kilometer timur Oxford.

Tiga dari telur rapuh tersebut pecah saat digali dan mengeluarkan bau busuk yang menyengat, sementara telur keempat tetap utuh.

Telur keempat pun kemudian dipindai di Universitas Kent dengan mikroskopis computerized tomography (micro-CT).

"Ini menghasilkan gambar luar biasa yang menunjukkan bahwa telur, selain utuh juga mempertahankan cairan isi di dalamnya," kata Biddulph.

Lebih lanjut, telur-telur tersebut ditemukan di lubang yang tergenang air di situs Aylesbury, yang sedang digali oleh Oxford Archaeology menjelang pembangunan perumahan.

Baca juga: Mana yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur?

Dan para arkeolog menemukan bukti adanya tempat tinggal di sana sejak periode Neolitikum. Lubang itu sendiri berasal dari abad ketiga Masehi ketika Inggris masih menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi.

Menurut pernyataan dari Oxford Archaeology, lubang tersebut pertama kali digunakan untuk membuat gandum dan membuat bir, namun kemudian diisi dengan air dan menjadi tempat di mana orang yang lewat dapat melemparkan koin dan barang-barang lainnya sebagai persembahan kepada para dewa untuk keberuntungan.

Benda-benda organik sendiri biasanya membusuk bila terkena oksigen,namun di sini banyak yang terawetkan oleh tanah yang tergenang air.

Selain telur-telur itu, yang tampaknya merupakan persembahan, lubang tersebut juga berisi keranjang kayu, sepatu kulit, serta bejana dan peralatan kayu.

Meskipun cangkang telur era Romawi telah ditemukan sebelumnya, temuan telur ini tampaknya merupakan temuan telur utuh pertama kali era Romawi di Inggris.

"Ini adalah telur unggas tertua yang diawetkan secara tidak sengaja yang pernah saya lihat. Itu membuatnya menarik," tambah Biddulph.

Baca juga: Berapa Lama Telur Dinosaurus Dapat Menetas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com