Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Sering Menangis Sebabkan Berat Badan Turun?

Kompas.com - 15/02/2024, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Menangis adalah respons yang wajar dan dapat dipicu oleh banyak emosi yang berbeda.

Para peneliti telah menemukan bahwa menangis dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Bahkan, manfaat ini dimulai sejak lahir saat bayi menangis untuk pertama kalinya.

Menangis dan penurunan berat badan

Setiap kali seseorang menangis karena perasaan yang meluap-luap, ia menghasilkan apa yang disebut “air mata psikis”. Air mata psikis mengubah respons psikologis menjadi respons fisik. 

Sinyal otak, hormon, dan bahkan proses metabolisme tubuh semuanya dipengaruhi oleh pelepasan air mata psikis. Baru-baru ini, para peneliti menganalisis apakah dampak tersebut memiliki efek jangka pada tubuh setelah menangis. 

Karena menangis membakar sejumlah kalori, melepaskan racun, dan menyeimbangkan hormon, beberapa ahli menduga bahwa sering menangis bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Mengapa Beberapa Orang Menangis Saat Marah?

Berapa banyak kalori yang terbakar saat menangis? 

Saat seseorang mengalami emosi yang intens, ia mungkin mengalami penurunan berat badan yang tampak terkait dengan kondisi yang ia alami. 

Kemungkinannya, penurunan berat badan yang disebabkan oleh kesedihan dan depresi lebih erat kaitannya dengan hilangnya nafsu makan dibandingkan dengan menangis. 

Meskipun menangis memang membakar sejumlah kalori, seseorang harus menangis selama berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membakar jumlah kalori yang sama dengan berjalan cepat. 

Menangis diperkirakan membakar jumlah kalori yang kira-kira sama dengan tertawa, yakni 1,3 kalori per menit, menurut sebuah penelitian. Itu berarti bahwa setiap 20 menit sesi menangis, tubuh membakar 26 kalori lebih banyak daripada yang bisa dibakar tanpa air mata. Ini bukanlah jumlah yang signifikan.

Baca juga: Apakah Mungkin Kita Menangis di Bawah Air?

Jadi, menangis memang membakar kalori, namun tidak cukup untuk memicu penurunan berat badan secara signifikan.

Meski demikian, menangis tetap memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan, salah satunya adalah menghilangkan stres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com