Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2024, 19:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sakit kaki di pagi hari bisa mengganggu hingga menghambat aktivitas. Rasa sakit tersebut bisa berupa nyeri yang tajam dan menyengat yang menjalar di sepanjang bagian bawah kaki, tumit yang terasa kencang, atau bagian atas kaki yang berdenyut saat bangun tidur. 

Lantas, apa penyebab kaki terasa sakit di pagi hari? 

Penyebab sakit kaki saat bangun tidur

Menurut ahli penyakit kaki, Dina Stock, DPM, nyeri kaki atau nyeri tumit di pagi hari bisa disebabkan oleh sejumlah kondisi akibat kurangnya penyangga atau tendon yang terlalu sering digunakan.

Berikut adalah empat kondisi umum yang mungkin menyebabkan kaki sakit saat bangun tidur.

1. Plantar fasciitis

Jika kita berdiri untuk waktu yang lama, plantar fasciitis adalah kondisi umum yang mungkin kita alami. 

Baca juga: Apa Penyebab Jari Kaki Berbulu?

Kaki memiliki ligamen yang disebut plantar fascia yang membentang dari tumit hingga pangkal jari kaki. Ligamen ini menopang lengkungan kaki dan menyerap tekanan saat kita berjalan atau berlari. 

Jika ligamen ini meradang atau robek, kita mengalami kondisi yang disebut plantar fasciitis, kondisi paling umum yang menyebabkan nyeri tumit di pagi hari.

Plantar fasciitis mungkin terasa sangat kencang di tumit dan kita mengalami rasa sakit yang tajam dengan sangat cepat begitu turun dari ranjang dan mengambil beberapa langkah setelah bangun dari tempat tidur. 

2. Tendinitis Achilles

Mirip dengan plantar fasciitis, tendinitis Achilles terjadi ketika tendon Achilles di bagian belakang tumit meradang atau teriritasi.

Tendon ini membantu kita berlari, berjalan, dan melompat. Tetapi, jika tendon Achilles tertekan atau digunakan secara berlebihan, tendon dapat menjadi kaku, lunak, dan membengkak. 

Baca juga: Apa Penyebab Kram Kaki Saat Berenang?

Kita dapat mengalami nyeri pada tumit di pagi hari, tetapi kita juga dapat mengalami nyeri saat berolahraga, menaiki tangga, atau bergerak sepanjang hari. Jika tidak diobati, kita mungkin merasa sulit untuk berjalan.

3. Radang sendi

Jika merasakan nyeri di pagi hari di bagian atas kaki atau di pergelangan kaki, Anda mungkin menderita radang sendi. 

Artritis terjadi ketika tulang rawan aus dan persendian bergesekan, tulang demi tulang. 

Kondisi demikian dapat terjadi dengan keausan biasa seiring bertambahnya usia (osteoarthritis). 

Kita juga bisa menderita rheumatoid arthritis atau psoriatic arthritis, yang disebabkan oleh peradangan.

Penting untuk membedakan jenis radang sendi yang Anda alami. Juka kita menderita radang sendi, kita pun harus mengurangi peradangan di tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com