Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Minuman yang Baik Diminum Setelah Bangun Tidur?

Kompas.com - 23/03/2024, 10:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Umumnya, kita bangun tidur dalam keadaan dehidrasi. Pasalnya, tubuh tidak mendapat asupan cairan saat tidur selama 7 atau 8 jam semalam.

Jadi, saat bangun, kemungkinan besar tubuh sudah mengalami dehidrasi ringan. Kabar baiknya, kondisi ini dapat dengan mudah diatasi dengan minum air yang cukup di pagi hari.

Minum minuman tertentu di pagi hari juga bisa memberikan manfaat lebih dari hidrasi, seperti menambah energi dan meningkatkan metabolisme.

Minuman yang sehat dikonsumsi di pagi hari

Berikut adalah beberapa minuman sehat yang baik dikonsumsi saat pagi hari.

1. Air putih

Minum air putih (minimal 2 gelas) di pagi hari memberikan manfaat yang sangat banyak. Selain membuang racun dan memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan, air putih juga dapat meningkatkan metabolisme.

Baca juga: Ilmuwan Jelaskan Penyebab Brain Freeze, Sakit Kepala akibat Konsumsi Minuman Dingin

Untuk menambah rasa dan manfaat, kita bisa menambahkan potongan buah atau rempah ke dalam air putih.

Misalnya, air dengan tambahan potongan lemon dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C. Hanya 1 ons jus lemon mengandung hampir seperempat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

2. Teh hijau

Meskipun sangat disarankan untuk memulai hari dengan segelas air putih, ada beberapa minuman alternatif yang juga sehat dikonsumsi di pagi hari, salah satunya adalah teh hijau.

Menyeruput teh hijau di pagi hari memberikan beberapa manfaat kesehatan berkat kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.

Salah satu manfaatnya adalah mengajak meningkatkan metabolisme tubuh h. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau tidak hanya mendorong metabolisme, tetapi juga dapat membantu membakar lemak.

Baca juga: 4 Minuman yang Tidak Boleh Diminum Saat Sakit Tenggorokan

3. Jus sayuran

Minum jus sayuran di pagi hari dapat membantu meningkatkan energi. Nutrisi yang ditemukan dalam sayuran, khususnya sayuran berdaun hijau, telah terbukti dapat menambah tingkat energi.

Sayuran yang sangat tinggi zat besi juga membantu mengantarkan oksigen ke sel-sel tubuh dan melawan kelelahan.

4. Jus goji berry

Goji berry adalah superfood padat nutrisi dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan 8 asam amino esensial.

Memulai hari dengan minum segelas jus goji berry tidak hanya bermanfaat untuk peningkatan energi. Jus goji berry juga bermanfaat untuk:

  • Peningkatan kinerja fisik
  • Fokus mental yang lebih baik
  • Penurunan stres dan kelelahan

5. Teh jahe

Jika merasakan gejala yang tidak nyaman di perut saat pagi hari, cobalah minum segelas teh jahe hangat. Menyeruput teh jahe di pagi hari dapat meringankan mual, muntah, dan diare.

Untuk membuat teh jahe, tambahkan beberapa sendok makan jahe segar yang diparut halus ke dalam secangkir air mendidih dan seduh selama lima menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com