Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Jelaskan Penyebab "Brain Freeze", Sakit Kepala akibat Konsumsi Minuman Dingin

Kompas.com - 04/03/2024, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasakan sensasi dingin yang tiba-tiba di kepala setelah mengonsumsi makanan atau minuman dingin?

Kondisi tersebut dikenal dengan istilah "brain freeze" atau otak beku. Brain freeze, biasanya, terjadi ketika cuaca sangat panas, dan seseorang mengonsumsi sesuatu yang dingin terlalu cepat.

Brain freeze merupakan sakit kepala jangka pendek yang biasanya dikaitkan dengan konsumsi es krim atau minuman yang sangat dingin secara berlebihan.

Penyebab brain freeze menurut sains

Para ilmuwan, sebenarnya, tidak yakin secara pasti apa yang secara spesifik menyebabkan brain freeze. Sebuah studi tahun 2012 mencoba mencari tahu penyebabnya dengan mengukur aliran darah dan aktivitas di otak saat partisipan meminum air es.

Baca juga: Penemuan Besar, Ilmuwan Hidupkan Otak Babi Selama 5 Jam di Luar Tubuh

Teori para peneliti adalah ketika otak menjadi dingin dengan cepat akibat mengonsumsi makanan atau cairan yang sangat dingin, hal itu mengubah aliran darah di otak. Rasa dingin berpindah dari langit-langit mulut ke saraf otak, dan ini menyebabkan semacam reaksi di otak.

Para peneliti menggunakan Doppler, yang mengukur aliran darah, untuk melihat pembuluh darah di arteri otak tengah dan depan pada 13 orang dewasa saat mereka meminum air es dan air bersuhu ruangan.

Para partisipan meminum air es melalui sedotan yang ditempelkan di langit-langit mulut hingga mereka merasakan brain freeze. Para peneliti kemudian mengukur resistensi otak, detak jantung, dan tekanan darah para partisipan sebelum, selama, dan setelah brain freeze.

Mereka menemukan bahwa meminum air es dapat meningkatkan aliran darah di arteri otak depan, namun tidak di pembuluh darah tengah. Air es juga menyebabkan peningkatan resistensi di otak.

Baca juga: Ini Bagian Otak yang Pengaruhi Tingkat Kebucinanmu

Dengan temuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa brain freeze sebenarnya disebabkan oleh meningkatnya aliran darah dan resistensi pada pembuluh darah otak. Jadi, jika mengalami brain freeze, kita mungkin sebenarnya merasakan pembuluh darah otak yang bereaksi terhadap dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com