Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Merebus Air Bisa Hilangkan 90% Mikroplastik

Kompas.com - 02/03/2024, 19:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Merebus air adalah salah satu cara yang baik untuk membersihkan air yang diambil dari sumber yang berpotensi terkontaminasi. Merebus akan membunuh bakteri, virus, dan hampir semua kuman penyebab penyakit berbahaya.

Kini, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa perebusan juga bisa menjadi teknik yang andal untuk mengatasi salah satu kontaminan paling banyak di abad ke-21, yakni mikroplastik.

Para peneliti di Tiongkok menerbitkan studi baru yang menunjukkan bahwa merebus air keran yang kaya kalsium dapat menghilangkan hampir 90 persen nano mikroplastik (NMP). Meskipun bahaya kontaminasi mikroplastik terhadap kesehatan masih belum jelas, metode ini mudah dan dapat diakses seperti membuat secangkir teh atau kopi di pagi hari.

Merebus mikroplastik

Persediaan air di Bumi semakin terkontaminasi NMP. Partikel-partikel ini berkisar dari sekecil seperseribu milimeter hingga sebesar 5 milimeter.

Baca juga: Mikroplastik Ditemukan di Plasenta Manusia, Apa Efeknya?

Implikasi kesehatan dari konsumsi plastik ini semakin menimbulkan kekhawatiran, terutama mengenai potensinya mengganggu mikrobioma usus manusia.

Meskipun sistem filtrasi canggih telah ada untuk mengatasi masalah ini, sistem tersebut sering kali memiliki harga yang mahal, sehingga menyisakan celah untuk solusi yang mudah diakses dan hemat biaya

Zhanjun Li dan Eddy Zeng, peneliti di Universitas Kedokteran Guangzhou, melakukan eksperimen dengan merebus sampel air keran sadah yang diberi NMP selama lima menit.

Air sadah memiliki kandungan mineral yang tinggi dan secara alami membentuk kerak kapur atau kalsium karbonat (CaCO3) ketika direbus.

Ahli kimia Tiongkok memperhatikan bahwa ketika CaCO3 terbentuk selama proses perebusan, hal itu menciptakan kerak yang menjebak NMP. Plastik yang dienkapsulasi ini kemudian dapat dengan mudah terkikis atau ditangkap dengan filter sederhana, seperti yang digunakan dalam menyeduh kopi.

Baca juga: Studi Sebut Seliter Air Minum Kemasan Mengandung 240.000 Mikroplastik

Penemuan ini cukup menarik. Ini menunjukkan cara menghilangkan mikroplastik tanpa teknologi canggih, melainkan sesuatu yang ada di mana-mana seperti ketel dan kompor.

Efek enkapsulasi ini lebih nyata pada air sadah, dengan pengurangan NMP hingga 90 persen pada sampel yang mengandung 300 miligram CaCO3 per liter. Namun, bahkan dalam air lunak, dengan kandungan CaCO3 kurang dari 60 miligram per liter, perebusan berhasil menghilangkan sekitar 25 persen NMP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com