Berburu Sendirian, Paus Orca Bunuh Hiu Putih Besar dalam 2 Menit

Kompas.com - 02/03/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah rekaman baru memperlihatkan seekor orca membunuh dan memakan hiu putih besar hanya dalam waktu 2 menit. Ini menunjukkan bahwa orca tidak perlu berburu secara berkelompok untuk mengalahkan salah satu predator paling tangguh di lautan.

Dalam video itu, hiu tersebut mati-matian berusaha melarikan diri saat orca mengikutinya dari belakang, sebelum menghilang ke bawah permukaan. Tak lama kemudian, orca terlihat berenang membawa hati di rahangnya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tanggal 1 Maret di African Journal of Marine Science, para ilmuwan mengonfirmasi bahwa kasus ini adalah catatan pertama tentang seekor orca (Orcinus orca) yang berburu semdirian dan memakan hiu putih besar (Carcharodon carcharias), tanpa bantuan temannya.

Insiden tersebut terjadi pada bulan Juni 2023 ketika para peneliti di kapal wisata melihat dua ekor orca, yang bernama Port dan Starboard, karena sirip punggungnya patah, di selatan Pulau Seal, Afrika Selatan.

Baca juga: Mengapa Orca Mengalami Menopause?

Kedua orca ini sudah mempunyai reputasi menyerang paus putih besar dan memakan hati mereka yang kaya nutrisi.

Setelah mendekati orca, para peneliti memperhatikan zat berminyak yang mengambang di permukaan, burung-burung menyelam ke dalam air dan terdium bau khas hati hiu. Para peneliti berspekulasi bahwa sepasang orca mungkin telah membunuh seekor hiu sebelum kapal tiba.

Alison Towner, ahli biologi kelautan di Universitas Rhodes, menjelaskan bahwa hati ikan hiu memiliki aroma yang kaya, berlemak, dan tidak sepenuhnya tidak sedap.

Dengan mencengkeram sirip dada hiu dan mengoyaknya, Starboard merobek hiu tersebut hingga dadanya terbuka dam mengambil hatinya.

Beberapa menit kemudian, sebuah perahu penyelam dalam kandang hiu yang kebetulan berada di dekatnya melihat Starboard berenang dengan sepotong hati berdarah di mulutnya. Kemudian, Port berada sekitar 100 meter jauhnya dan tidak terlibat dalam pemangsaan.