Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Minuman yang Tidak Boleh Diminum Saat Sakit Tenggorokan

Kompas.com - 29/02/2024, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Sakit tenggorokan kerap menimbulkan rasa terbakar dan tidak nyaman sehingga membuat sulit minum atau makan. 

Oleh karena itu, untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit tenggorokan, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Makanan dan minuman tersebut merupakan yang paling berpotensi meningkatkan iritasi saat sakit tenggorokan sehingga perlu dihindari.

Minuman yang tidak boleh diminum saat sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, hindari makanan dan minuman yang mungkin dapat mengiritasi tenggorokan atau yang sulit ditelan.

Baca juga: 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Berikut adalah daftar minuman yang harus dihindari saat sakit tenggorokan:

  • Soda
  • Kopi
  • Alkohol
  • Susu

Pada beberapa orang, susu dapat mengentalkan atau meningkatkan produksi lendir. Ini mungkin menyebabkan keinginan untuk membersihkan tenggorokan lebih sering sehingga dapat memperburuk sakit tenggorokan.

Cara mengatasi sakit tenggorokan

Cara pertama dan paling hemat biaya untuk meredakan sakit tenggorokan adalah dengan berkumur dengan air hangat dan garam. 

Caranya, tuangkan sekitar satu sendok makan garam ke dalam satu cangkir air hangat. Kemudian, aduk garam hingga larut. Saat menggunakannya untuk berkumur, pastikan tidak menelan air garam tersebut.

Selain itu, beberapa obat herbal dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Semprotan tenggorokan herbal, obat tetes, atau teh yang mengandung akar licorice atau bunga honeysuckle juga dapat meredakannya.

Baca juga: 5 Minuman yang Baik Dikonsumsi di Pagi Hari

Namun, sebelum menggunakan pengobatan herbal, pastikan untuk mengetahui potensi efek samping, alergi, interaksi dengan obat lain, dan interaksi dengan suplemen herbal lainnya.

Jika pengobatan rumahan tidak dapat meredakan sakit tenggorokan untuk waktu yang lama, cobalah untuk menemui dokter. Terlebih, jika sakit tenggorokan diikuti oleh gejala-gejala lain, seperti:

  • Sulit menelan atau bernapas
  • Demam
  • Ruam
  • Kelenjar bengkak
  • Nyeri yang tidak dapat dijelaskan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com