Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2023, 12:32 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber SBS News

KOMPAS.com - Saat cuaca panas, beberapa dari Anda cenderung akan mencari minuman manis untuk meredakan dahaga. Padahal sebenarnya dengan minum air putih yang cukup pun rasa haus sudah bisa terobati.

Sebuah studi di tahun 2019 terhadap kebiasaan konsumsi rumah tangga di Meskiko jadi salah satu bukti bahwa orang minum minuman manis saat cuaca panas.

Studi yang dilakukan terhadap 85.000 rumah tangga Meksiko menunjukkan bahwa orang yang lebih menyukai rasa minuman manis merasa jauh lebih sulit untuk menahan godaan saat cuaca panas meningkat.

Hasil penelitian menunjukkan pula konsumsi soda dan jus pada orang Meksiko meningkat sebesar 20 persen dalam beberapa minggu saat suhu harian naik di atas 32 derajat Celsius.

Rasa ingin minum manis

Dikutip dari SBS, Selasa (25/4/2023) praktisi diet terakreditasi di Cancer Council SA, Karissa Deutrom menjelaskan semua manusia memiliki preferensi bawaan untuk rasa manis yang akan meningkat di hari yang panas di tambah lagi ada kebutuhan manusia untuk rehidrasi saat cuaca panas.

Baca juga: Mengapa Minum Alkohol Sama Sekali Tidak Bermanfaat bagi Kesehatan?

"Kami terprogram untuk menginginkan rasa manis. Itu karena tubuh menggunakan gula (glukosa) untuk energi. Dalam cuaca yang sangat panas, Anda bisa merasa sangat lesu dan sangat membutuhkan energi. Ini sebabnya beberapa orang memilih minuman manis meski secara fisiologis tidak ada alasan mengapa kita harus minum minuman manis," terangnya.

Deutrom juga menjelaskan ada aspek perasaan senang saat minum minuman manis sehingga membuat orang cenderung memilihnya dibandingkan air biasa.

"Ada juga aspek perasaan senangnya. Kita tahu bahwa minum minuman manis membuat otak kita terkena dopamin, hormon perasaan senang yang membuat kita makin menginginkannya," terang Deutrom.

Produsen minuman mengetahui hal tersebut dan mereka menciptakan minuman manis dengan titik kebahagiaan, yang memberi konsumen kenikmatan terbesar dari rasa minuman.

Menurut Cancer Council SA, minuman ringan 600 ml biasa mengandung sekitar 16 sendok teh gula.

Sementara sebagai gambaran, minum minuman manis bagi orang dewasa, disarankan tidak boleh mengonsumsi lebih dari 12 sendok teh gula sepanjang hari.

Baca juga: Mengapa Minum Air di Pagi Hari Lebih Baik Sebelum Menyikat Gigi?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com