Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Minum Air yang Cukup Sangat Penting saat Puasa Ramadan?

Kompas.com - 24/03/2023, 15:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Selama berpuasa di bulan Ramadan, kecukupan konsumsi air sangatlah penting. Manfaatnya, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik meski saat puasa kita hanya minum air saat sahur dan berbuka.

Namun, mengapa tubuh terdehidrasi dan minum air putih yang cukup sangat penting selama menjalankan ibadah puasa?

Seperti dikutip dari Aljazeera, Jumat (24/3/2023), beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa air minum dapat membantu kita dari rasa lapar.

Dalam sebuah studi kecil menemukan, orang yang minum dua gelas air sebelum makan hanya 22 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Penelitian ini menunjukkan bahwa minum air putih sebelum makan dapat meregangkan perut dan mengirimkan sinyal kenyang ke otak.

Manfaat minum cukup air selama puasa

Ada beberapa manfaat minum air putih yang cukup untuk kesehatan.

Baca juga: Mengapa Makan Sahur Penting Sebelum Melaksanakan Puasa Ramadhan?

Sebab, selain dapat membuat tubuh tetap merasa kenyang, terhidrasi dengan baik dengan minum cukup air putih akan dapat membantu tubuh menjalankan berbagai aktivitas fisik, mencegah sakit kepala hingga sembelit.

Dilansir dari Healthline, tubuh manusia sebagian besar, yakni 60 persennya adalah air. Berikut beberapa manfaat minum air yang cukup untuk kesehatan selama Anda menjalankan puasa Ramadan.

1. Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadan, sangat rentan mengalami dehidrasi, karena berkurangnya frekuensi minum air. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai efek yang nyata, jika kita kehilangan sekitar 2 persen dari kandungan air dalam tubuh. 

Efek dehidrasi atau kurang cairan tubuh dapat menyebabkan perubahan kontrol suhu tubuh, penurunan motivasi dan rasa lelah meningkat.

Oleh karenanya, hidrasi yang optimal telah terbukti dapat mencegah efek tersebut, serta dapat mengurangi stres oksidatif yang dapat terjadi saat Anda melakukan aktivitas fisik yang berat.

Bukti ilmiah tentang manfaat minum air yang cukup tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Biochemical and Biophysical Research Communications.

Baca juga: Mengapa Kita Menangis Saat Menguap?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com