Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2024, 16:01 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Keberadaan air memungkinkan kehidupan di Bumi seperti saat ini. Oleh sebab itu, ahli astrobiologi (ilmuwan yang mencari kehidupan di planet lain) berpikir bahwa cara terbaik untuk menemukan kehidupan adalah dengan mencari air.

Selain sebagai sumber kehidupan, ada banyak fakta menarik lain tentang air yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut adalah sejumlah fakta-fakta unik tentang air.

1. Ada banyak kehidupan dalam satu tetes air

Ada banyak hal yang bisa ditemukan dalam setetes air laut. Kemungkinan besar, ada jutaan bakteri dan virus di dalamnya. 

Selain itu, dalam setetes air laut bisa juga ada telur ikan, bayi kepiting, plankton, atau bahkan cacing kecil.

2. Ada 326 juta triliun galon air di Bumi

Diperkirakan ada 326 juta triliun galon air di Bumi. Sekitar 98 persennya berasal dari lautan dan tidak dapat diminum karena kandungan garamnya. 

Baca juga: Ratu Lebah Bisa Bertahan Hidup di Bawah Air Selama Seminggu

Ini berarti, kurang dari 3 persen air di Bumi adalah air segar, yang dapat ditemukan di lapisan es, gletser, sumur, akuifer, sungai, dan danau. 

3. Siklus air berusia 3,8 miliar tahun

Dalam istilah yang paling sederhana, siklus air bumi adalah proses tanpa akhir yang menghubungkan air dalam semua bentuknya yang berbeda. 

Pada tahun 1580, Bernard Palissy mengembangkan teori siklus air. Ia percaya bahwa jumlah air di Bumi selalu sama, meskipun dalam gerakan konstan, dan bahwa molekul air yang sama dari miliaran tahun yang lalu terus didaur ulang.

Proses siklus air terjadi melalui penguapan, kondensasi, dan presipitasi serta berdampak dan mengubah geografi bumi.

Erosi air dan pencairan gletser merupakan bagian integral dalam menciptakan fitur Bumi, seperti lembah dan puncak gunung.

Ini juga menciptakan erratics glasial, yaitu bebatuan dan bongkahan batu besar yang telah dipindahkan oleh gletser dan diendapkan di tempat yang berbeda setelah gletser mencair.

Baca juga: Bisa Patahkan Besi, Air merupakan Obyek Paling Tajam di Dunia

4. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air

Tubuh bayi yang baru lahir terdiri dari 78 persen air, sedangkan rang dewasa memiliki 55-60 persen air di tubuhnya. 

Air terlibat dalam hampir semua hal yang dilakukan tubuh kita. Ini adalah bagian besar dari darah yang membawa nutrisi ke semua sel. 

5. Pada tanaman, air menentang gaya gravitasi

Air mempunyai karakteristik yang menarik. Air seolah "lengket" dan suka menempel pada benda-benda lain. Oleh sebab itu, air bisa membentuk tetesan bulat. 

"Kelengketan" ini membantu tanaman mendapatkan air dari akar hingga ke daun. Molekul air bergerak ke atas sedotan tipis yang disebut xilem di tumbuhan dengan berpegangan satu sama lain pada dinding tabung. Air pun ditarik ke atas saat air menguap dari daun di bagian atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com