Kompas.com - 12/03/2022, 20:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dinosaurus berkembang biak dengan bertelur. Beberapa spesies, seperti sauropoda raksasa berleher panjang, meletakkan lusinan telur di sarang kecil, yang mereka biarkan untuk menetas sendiri.

Spesies lain, seperti burung pemangsa berbulu yang berkerabat dekat dengan burung, bertelur dalam jumlah lebih sedikit, dan secara aktif duduk di sarangnya untuk melindungi telur-telurnya.

Berapa lama telur dinosaurus dapat menetas?

Dilansir dari Science Daily, penelitian yang dipimpin oleh profesor dari Florida State University (FSU) mengatakan, umumnya, telur dinosaurus dapat menetas dalam waktu antara tiga hingga enam bulan, bergantung pada spesies dinosaurus.

Dalam sebuah artikel di Proceedings of the National Academy of Sciences, Profesor Ilmu Biologi FSU, Gregory Erickson, dan tim peneliti memecah biologi rumit dari makhluk prasejarah ini yang menjelaskan bagaimana catatan gigi embrio menjawab pertanyaan berapa lama dinosaurus mengerami telur mereka.

"Beberapa teka-teki terbesar tentang dinosaurus berkaitan dengan embriologi mereka, hampir tidak ada yang diketahui," kata Erickson.

Baca juga: Kenapa Pterodactyl Tidak Termasuk Dinosaurus?

Para ilmuwan telah lama berteori bahwa durasi inkubasi dinosaurus mirip dengan burung, yang telurnya menetas dalam periode 11-85 hari. Telur reptil yang berukuran sebanding biasanya memakan waktu dua kali lebih lama, yakni berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Karena telur dinosaurus begitu besar, beberapa beratnya mencapai 4 kilogram atau seukuran bola voli, para ilmuwan percaya bahwa telur dinosaurus pasti mengalami inkubasi yang cepat.

Erickson dan rekan-rekannya dari University of Calgary dan American Museum of Natural History (AMNH) memutuskan untuk menguji teori-teori ini.

Untuk melakukan itu, mereka mengakses beberapa fosil langka berupa embrio dinosaurus.

"Waktu di dalam telur adalah bagian penting dari perkembangan, tetapi tahap pertumbuhan paling awal ini kurang diketahui karena embrio dinosaurus jarang terjadi," kata rekan peneliti, Darla Zelenitsky, asisten profesor geosains di University of Calgary.