Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2022, 13:05 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comDinosaurus adalah hewan besar yang hidup pada periode Mesozoikum. Hewan ini diperkirakan telah punah sejak 65 juta tahun yang lalu. Hewan-hewan besar ini diduga punah disebabkan karena ledakan yang sangat besar akibat hantaman meteor besar.

Namun, ternyata tidak semua dinosaurus langsung punah saat itu juga. Diperkirakan terdapat sedikit spesies yang bertahan dan akhirnya punah karena cuaca ekstrem yang melanda Bumi sebagai sisa dampak ledakan meteor tersebut.

Dinosaurus terakhir di Bumi

Dinosaurus terakhir yang hidup di Bumi adalah Chenanisaurus barbaricus. Para peneliti menemukan fosil dinosaurus yang lebih muda dibandingkan dengan fosil dinosaurus yang pernah mereka temukan.

Fosil C. barbaricus ini ditemukan di sebuah tambang di Maroko Utara. Tambang tersebut bernama Sidi Chennane. Oleh karena itu, spesies ini diberi nama Chenanisaurus.

Dinosaurus yang disebut dinosaurus terakhir di Bumi ini adalah bentuk kecil dari Tyrannosaurus rex yang ditemukan di tanah Amerika.

C. barbaricus adalah karnivor. Berdasarkan fosil yang ditemukan, dinosaurus ini merupakan jenis abelisaurus, yaitu predator berkaki dua. Dinosaurus ini tidak hanya ditemukan di tanah Afrika, namun juga Amerika Selatan, India, Eropa, dan Madagaskar.

Karakter fisik C. barbaricus adalah berwajah pendek dengan tangan kecil. Sebagian dari mereka memiliki cula, yang membuat mereka terlihat lebih tangguh. Kulitnya bersisik dan tidak berbulu. Predator ini memiliki rahang yang dalam dan kokoh. Hasilnya, gigitan C. barbaricus sangat kuat.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Stegosaurus Tertua di Asia Ditemukan di China, Seperti Apa?

Periode Mesozoikum

Periode Mesozoikum merupakan waktu dimana dinosaurus hidup. Periode Mesozoikum terjadi sejak 230 juta sampai 65 juta tahun yang lalu.

Para peneliti membagi periode Mesozoikum ke dalam tiga waktu, yaitu Triassic, Cretaceous, dan Jurassic. Waktu Cretaceous adalah waktu yang paling lama. Periode Cretaceous terjadi selama 79 juta tahun. Dinosaurus yang banyak hidup di periode ini adalah Triceratops, Centrosaurus, Ankylosaurus, dan Tyrannosaurus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com