Kompas.com - 05/03/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Peneliti berhasil menemukan fosil stegosaurus tertua di Asia sekaligus salah satu stegosaurus paling awal yang ditemukan di dunia. Fosil dinosaurus tersebut digali peneliti dari Formasi Shaximiao yang berada di China.

Stegosaurus merupakan salah satu dinosaurus Jurassic pemakan tumbuhan yang hidup hingga periode Kapur Awal antara 100 juta hingga 201 juta tahun yang lalu.

Keistimewaan terletak pada tubuhnya yang dilindungi oleh pelat baja di sepanjang tulang punggung serta duri-duri yang menonjol di ujung ekornya.

Mengutip Science Alert, Jumat (4/3/2022) temuan dinosaurus ini cukup menarik karena ukuran fosil stegosaurus yang ditemukan tergolong kecil. Hanya 2,8 meter dari hidung hingga ujung ekornya yang berduri.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Era Jurassic Ditemukan di Gurun Atacama, Dijuluki Si Naga Terbang

Peneliti masih belum mengetahui secara jelas apakah spesimen ini merupakan stegosaurus dewasa atau masih bayi.

Namun penemuan dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang bagimana genus dinosaurus yang hidup sekitar 170 tahun yang lalu ini berevolusi.

Lebih lanjut, dalam penggalian fosil penelitian berhasil mengungkap sisa-sisa tulang dari bahu, punggung, paha, kaki, tulang tulang belakang, dan tulang rusuk, serta beberapa pelat baja.

Ini memungkinkan ahli paleontologi yang dipimpin oleh Dai Hui dari Chongqing Bureau of Geological and Mineral Resource Exploration and Development untuk membuat perbandingan dengan spesies stegosaurus lainnya.

Mereka menamukan fosil stegosaurus baru ini memiliki ciri yang sama dengan stegosaurus lainnya. Kendati demikian, fosil dinosaurus stegosaurus yang diberi nama Bashanosaurus primitivus ini juga memiliki ciri unik dibandingkan stegosaurus yang lain.