Kompas.com - 05/03/2022, 10:01 WIB


KOMPAS.com - Peneliti berhasil menemukan fosil stegosaurus tertua di Asia sekaligus salah satu stegosaurus paling awal yang ditemukan di dunia. Fosil dinosaurus tersebut digali peneliti dari Formasi Shaximiao yang berada di China.

Stegosaurus merupakan salah satu dinosaurus Jurassic pemakan tumbuhan yang hidup hingga periode Kapur Awal antara 100 juta hingga 201 juta tahun yang lalu.

Keistimewaan terletak pada tubuhnya yang dilindungi oleh pelat baja di sepanjang tulang punggung serta duri-duri yang menonjol di ujung ekornya.

Mengutip Science Alert, Jumat (4/3/2022) temuan dinosaurus ini cukup menarik karena ukuran fosil stegosaurus yang ditemukan tergolong kecil. Hanya 2,8 meter dari hidung hingga ujung ekornya yang berduri.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Era Jurassic Ditemukan di Gurun Atacama, Dijuluki Si Naga Terbang

Peneliti masih belum mengetahui secara jelas apakah spesimen ini merupakan stegosaurus dewasa atau masih bayi.

Namun penemuan dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang bagimana genus dinosaurus yang hidup sekitar 170 tahun yang lalu ini berevolusi.

Lebih lanjut, dalam penggalian fosil penelitian berhasil mengungkap sisa-sisa tulang dari bahu, punggung, paha, kaki, tulang tulang belakang, dan tulang rusuk, serta beberapa pelat baja.

Ini memungkinkan ahli paleontologi yang dipimpin oleh Dai Hui dari Chongqing Bureau of Geological and Mineral Resource Exploration and Development untuk membuat perbandingan dengan spesies stegosaurus lainnya.

Mereka menamukan fosil stegosaurus baru ini memiliki ciri yang sama dengan stegosaurus lainnya. Kendati demikian, fosil dinosaurus stegosaurus yang diberi nama Bashanosaurus primitivus ini juga memiliki ciri unik dibandingkan stegosaurus yang lain.

Baca juga: Pertama Kali Ditemukan di Dunia, Fosil Dinosaurus Sedang Erami Telurnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.