Kompas.com - 15/04/2024, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Rayap adalah arsitek alam. Sarang yang mereka bangun bisa mencapai ketinggian beberapa meter dengan struktur yang rumit.

Pertanyaannya bagaimana ribuan atau bahkan jutaan serangga itu berkoordinasi untuk membangun sarang yang kokoh dan fungsional bagi koloni?

Baca juga: Kala Para Ilmuwan Belajar Bikin Bangunan Ramah Lingkungan dari Rayap

Studi baru yang dipublikasikan di jurnal eLife, kini telah mengidentifikasi mekanisme unik yang digunakan rayap untuk menyelesaikan tugas luar biasa tersebut.

Membuat sarang rayap

Mengutip Phys, Jumat (12/4/2024) untuk mengetahuinya peneliti melakukan percobaan pada rayap spesies Coptotermes gestoi (berasal dari Asia Selatan tapi sudah menyebar ke pantai timur Amerika Serikat) di laboratorium.

Para peneliti membuat arena kecil dengan struktur buatan dengan ketinggian dan bentuk berbeda dengan menggunakan tanah liat basah.

Mereka kemudian mengumpulkan populasi kecil rayap dari koloni yang lebih besar dan mengukur perilaku bangunan mereka sebagai respons terhadap struktur tersebut dengan melacak aktivitas semua rayap dalam populasi tersebut, sekaligus mengkarakterisasi perubahan dalam struktur 3D.

Dengan cara ini, berbagai hipotesis dapat diuji untuk menemukan mekanisme koordinasi yang digunakan dalam membangun sarang.

Hipotesis pertama adalah rayap diyakini memaparkan zat kimia bernama feromon pada bahan bangunan sarang.