Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hewan yang Paling Banyak Makan, Ada yang Harus Makan 15 Menit Sekali

Kompas.com - 12/03/2022, 16:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa hewan bisa makan sangat banyak setiap harinya, bahkan hingga tiga kali lipat berat tubuhnya. Apa saja hewan yang paling banyak makan?

1. American pygmy shrew

American pygmy shrew adalah hewan yang sangat kecil yang hidup di Amerika Selatan. Beratnya hanya 2 gram dengan panjang 80 sampai 90 milimeter, termasuk panjang ekornya.

Hewan ini tidak hanya menjadi salah satu mamalia terkecil di dunia, namun juga hewan yang paling banyak makan. American pygmy shrew bisa makan hingga tiga kali lipat berat badannya sendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan hariannya, mamalia kecil ini harus mencari makan setiap 15 sampai 30 menit sekali. Uniknya, American pygmy shrew tidak bisa bertahan hidup jika tidak makan selama 2 jam.

2. Paus biru

Dari pemandangan udara, ikan paus biru berenang di bawah permukaan Teluk Monterey, CaliforniaShutterstock/Chase Dekker Dari pemandangan udara, ikan paus biru berenang di bawah permukaan Teluk Monterey, California

Paus biru memiliki panjang sekitar 30 meter dengan berat mencapai 170 ton. Setiap harinya, paus biru mampu memakan 3,6 ton plankton. Jumlah ini setara dengan 1,5 juta kalori. Tenaga ini dibutuhkan untuk menggerakkan tubuh paus biru yang sangat besar.

3. Burung kolibri

Burung kolibri lebah, burung terkecil di duniaShutterstock Burung kolibri lebah, burung terkecil di dunia

Burung kolibri adalah burung terkecil di dunia. Burung ini bisa mengepakkan sayapnya hingga 80 kali per detik. Oleh karena itu, burung ini membutuhkan asupan energi yang cukup. Burung kolibri membutuhkan makanan hingga dua kali berat tubuhnya dalam sehari.

Baca juga: 5 Hewan Paling Cantik di Dunia

4. Hiu harimau

Hiu harimauCommons Wikimedia Hiu harimau

Hiu harimau memiliki berat badan mencapai 907 kilogram. Untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya, hiu harimau harus memakan sanga banyak. Hiu harimau memiliki makanan yang sangat bervariasi, mulai dari burung yang terbang di sekitar laut, penyu, mamalia yang lebih kecil, ikan pari, hiu yang lebih kecil, dan bangkai ikan yang sudah mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com