Bagaimana Fermentasi Membuat Makanan Tahan Lama?

Kompas.com - 04/04/2024, 12:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Kefir dan kimchi merupakan beberapa makanan fermentasi yang umum dikonsumsi oleh orang-orang.

Namun pernahkah merasa penasaran, bagaimana makanan yang telah difermentasikan itu bisa tahan busuk hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu lamanya?

Baca juga: Studi: Makanan Fermentasi Dapat Mencegah Depresi dan Kecemasan

Mengutip IFL Science, fermentasi pangan merupakan salah satu contoh bioteknologi, yaitu eksploitasi proses biologis untuk memanipulasi makhluk hidup dan organik.

Ini adalah salah satu contoh tertua tentang bagaimana manusia memanfaatkan produk alami untuk keuntungan kita tetapi tetap terasa lezat.

Makanan fermentasi diproduksi dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan yang dapat menghilangkan rasa asam pada makanan tanpa penambahan air garam yang bersifat asam.

Lingkungan yang dihasilkan adalah lingkungan dimana mikroba berbahaya tidak dapat berkembang biak.

Itulah sebabnya mengapa makanan fermentasi dapat bertahan lama.

Proses fermentasi juga melibatkan oksidasi karbohidrat untuk menghasilkan berbagai produk, yang terutama berupa asam organik, alkohol, dan karbon dioksida.

Produk-produk tersebut memiliki efek pengawet dengan membatasi pertumbuhan mikrobiota pembusuk atau patogen dalam makanan.

Lebih lanjut, konsumsi makanan fermentasi memiliki keuntungan tersendiri karena dapat menjaga mikrobioma usus tetap sehat.

Makanan fermentasi yang mengandung probiotik adalah cara terbaik untuk menjaga mikrobioma usus tetap sehat karena menambah jenis bakteri baik yang diperlukan usus agar berfungsi sebagaimana mestinya.