Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua "Galaksi Menari" Berhasil Dibidik Teleskop Hubble, Bagaimana Penampakannya?

Kompas.com - 12/03/2022, 19:01 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Jauh di dalam konstelasi Andromeda, sekitar 320 juta tahun cahaya, dua galaksi berinteraksi menghasilkan tarian yang terikat gravitasi. Peristiwa dua "galaksi menari" ini berhasil dibidik oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble dalam detail tiga dimensi yang luar biasa.

Kedua galaksi tersebut yaitu galaksi cincin kutub IC 1559 yang berada di bagian atas dan galaksi spiral NGC 169 yang berada di bawah. Secara kolektif, kedua galaksi ini dikenal sebagai Arp 282.

Bukan hal yang aneh bagi galaksi untuk berinteraksi secara gravitasi. Galaksi dapat bergabung, bertabrakan, atau melewati satu sama lain.

“Para astronom sekarang menerima bahwa aspek penting dari bagaimana galaksi berevolusi adalah cara mereka berinteraksi satu sama lain,” tulis NASA seperti dikutip dari Space, Sabtu (12/3/2022).

Adapun setiap interaksi yang terjadi, secara signifikan memengaruhi bentuk dan struktur dari galaksi.

Baca juga: Dua Galaksi Kuno Ditemukan, Bisa Bantu Beri Pemahaman Tentang Alam Semesta

Kendati demikian, sulit untuk memotret interaksi antar dua galaksi ini dengan cara yang jelas menunjukkan pergerakannya dalam ruang tiga dimensi.

Dalam kasus Arp 282, Hubble berada pada sudut yang sempurna untuk menangkap untaian bintang, debu, dan gas yang ditarik oleh gaya pasang surut dari satu sistem ke sistem lainnya.

Apabila Arp 282 dimiringkan pada sudut yang berbeda, teleskop mungkin tidak akan pernah bisa menggambarkan tarian yang begitu jelas.

Sebagai contoh melihat pemandangan ini melalui bagian bawah NGC 169, maka tidak mungkin melihat distorsi kedua galaksi secara tajam.

Keberuntungan lainnya yaitu instrumen mengambil gambar dalam cahaya tampak. Baik IC 1559 dan NGC 169, memiliki inti galaksi aktif (AGN), yang berarti intinya sangat energik secara monumental.

Dengan kata lain, kedua galaksi memiliki lubang hitam supermasif yang mengeluarkan energi dalam jumlah besar dalam rentang spektrum elektromagnetik penuh.

“Jika gambar (dua galaksi menari) itu mengungkapkan emisi penuh dari kedua AGN. Kecemerlangan mereka akan mengaburkan interaksi pasang surut yang indah yang dilihat dalam gambar,” pungkas NASA.

Baca juga: Teleskop Hubble Milik NASA Abadikan Tabrakan Dua Galaksi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com