Dua Galaksi Kuno Ditemukan, Bisa Bantu Beri Pemahaman Tentang Alam Semesta

Kompas.com - 27/11/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi galaksi kuno yang baru saja ditemukan. Masih banyak galaksi-galaksi yang tersembunyi di alam semesta yang menunggu ditemukan, termasuk keberadaan galaksi kuno. University of Copenhagen/NASA via GIZMODOIlustrasi galaksi kuno yang baru saja ditemukan. Masih banyak galaksi-galaksi yang tersembunyi di alam semesta yang menunggu ditemukan, termasuk keberadaan galaksi kuno.


KOMPAS.com - Para astronom baru saja menemukan dua galaksi kuno di alam semesta yang sebelumnya tak diketahui keberadaannya.

Temuan ini pun menunjukkan bahwa pemahaman kita tentang alam semesta awal masih sangat kurang.

Kedua galaksi yang berjarak sekitar 29 miliar tahun cahaya dari Bumi ini diberi nama REBELS-12-2 dan REBELS-29-2.

Mengutip Gizmodo, Sabtu (27/11/2021) kedua galaksi kuno itu telah lolos dari pengamatan selama ini karena galaksi-galaksi ini diselimuti oleh lapisan tebal debu kosmik.

Pengamatan yang sebelumnya dilakukan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA ternyata tak bisa mengintip melalui kabut langit.

Baca juga: Nama-nama Galaksi di Alam Semesta, Bukan Cuma Bima Sakti

 

 

Dibutuhkan teleskop radio ALMA ultra-sensitif di Cile untuk menemukan kedua galaksi kuno di alam semesta tersebut.

"Kami sedang melihat sampel galaksi yang sangat jauh yang sudah kami ketahui keberadaannya melalui Teleskop Luar Angkasa Hubble. Dan saat kami memperhatikan ternyata dua dari mereka merupakan galaksi yang belum pernah kita lihat sebelumnya," ungkap Pascal Oesch, astronom dari Cosmic Dawan Center Niels Bohr Institute di Kopenhagen.

Menurutnya, kedua galaksi dikelilingi debu sehingga sebagian cahayanya terhalang dan membuat mereka tak terlihat oleh Hubble.

Dalam studinya yang dipublikasikan dalam jurnal Nature, peneliti menjelaskan bagaimana teleskop radio ALMA dan teknik pengamatan baru yang dikembangkan oleh Oesch dan rekan-rekannya dapat menemukan galaksi kuno yang tak terlihat di alam semesta.

Baca juga: Wahana NASA Temukan Ada Miliaran Galaksi Tersembunyi di Alam Semesta

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.