Kompas.com - 27/11/2021, 12:02 WIB
Sepasang gajah laut yang tinggal di Pulau Tristan da Cunha. physSepasang gajah laut yang tinggal di Pulau Tristan da Cunha.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Di era modern, ketika manusia sudah mulai berwisata ke luar angkasa, masih ada beberapa pulau yang sangat terpecil dan jarang tersentuh manusia.

Pulau-pulau terpencil tersebut merupakan pulau yang sangat jauh dari daratan lain atau begitu jauh dari jalur udara dan pelayaran.

Dengan demikian, tempat-tempat yang terisolasi ini terus menyalakan imajinasi dan rasa penasaran para petualang.

Pulau paling terpencil di dunia

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, berikut adalah daftar 6 pulau paling terpencil di dunia:

1. Kepulauan Kerguelen

Kepulauan Kerguelen adalah pulau-pulau di Samudra Hindia yang penuh dengan gletser, gunung, singkapan berbatu, dan dataran rumput yang luas.

Baca juga: Ilha da Queimada Grande, Pulau di Brasil yang Dipenuhi Ular Berbisa

Dengan suhu rata-rata harian berkisar antar 2,1 hingga 8,2 derajat celcius, Kepulauan Kerguelen bukanlah pilihan pertama untuk pemukiman manusia, namun pulau ini adalah rumah yang nyaman bagi anjing laut, elang laut, dan empat spesies penguin.

2. Pulau Spitsbergen

Memiliki luas 39.044 km persegi, Spitsbergen adalah pulau terbesar di Kepulauan Svalbard sekaligus pulau terbesar di Norwegia.

Mengingat lokasinya yang berada di sekitar 830 km timur pantai Greenland dan 950 km utara pantai Eropa, tidak mengherankan jika Spitsbergen tertutup salju dan es.

Pemukiman utama di pulau terpencil ini adalah Kota Longyear yang terletak 3,2 km dari Svalbard Global Seed Vault.

3. Pulau Pitcairn

Pulau Pitcairn adalah pulau vulkanik kecil di Pasifik Selatan dan merupakan satu-satunya pulau berpenghuni di wilayah tersebut.

Baca juga: 7 Pulau Terbesar di Dunia, Ada Dua di Indonesia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.