Mesir Kuno Anggap Galaksi Bima Sakti adalah Tangga Menuju Akhirat

Kompas.com - 13/04/2024, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Orang-orang Mesir kuno terkenal karena penghormatan mereka terhadap benda-benda langit, namun peran Galaksi Bima Sakti dalam kosmologi Mesir Kuno masih kurang dipahami oleh para ahli.

Namun, menurut analisis baru, kumpulan bintang yang melintasi langit mungkin memiliki sejumlah fungsi mitologis, yakni bertindak sebagai jalan menuju dunia bawah sekaligus memandu burung di sepanjang rute migrasi tahunan mereka.

Dewi Langit Nut dan Bima Sakti

Ditulis oleh ahli astrofisika Dr. Or Graur dari Universitas Portsmouth, studi baru ini menguji gagasan bahwa Bima Sakti diwakili oleh Dewi Langit Nut, yang sering digambarkan sebagai wanita bertabur bintang yang melengkung di atas Bumi untuk melindungi Bumi dari ancaman.

Menurut Book of Nut, juga dikenal sebagai The Fundamentals of the Course of the Stars, tugas utama Dewi Langit Nut adalah melahirkan Matahari setiap pagi, sebelum menelannya di malam hari.

Untuk melakukan tugas ini, Nut selalu berorientasi dengan bagian belakangnya di timur dan kepalanya di barat. Namun, Bima Sakti mengubah posisinya di langit sepanjang tahun, membentang dari timur ke barat pada bulan-bulan musim panas dan utara ke selatan pada musim dingin.

Baca juga: Berapa Kali Matahari Mengorbit Galaksi Bima Sakti?

Perbedaan ini menimbulkan keraguan terhadap gagasan bahwa Nut mewakili galaksi. Namun, setelah berkonsultasi dengan banyak papirus penguburan yang ditemukan di makam Mesir Kuno, Graur mengidentifikasi beberapa penggambaran Nut dengan tangan terentang 45 derajat ke tubuhnya.

Pose seperti itu memungkinkan Dewi Langit untuk menutupi berbagai kesejajaran Bima Sakti seiring berjalannya waktu, sehingga menunjukkan bahwa ia mungkin saja merupakan perwujudan galaksi tersebut.

Misalnya, Graur menjelaskan bahwa di musim dingin, Bima Sakti menggambarkan lengan Nut, sementara di musim panas, Bima Sakti menggambarkan batang tubuh atau tulang punggungnya.

Untuk mencari kepastian lebih lanjut mengenai keterkaitan Nut dengan Bima Sakti, peneliti mencari kesamaan antara perannya dalam mitologi Mesir Kuno dan representasi dewa bintang lainnya dalam budaya di seluruh dunia.

Misalnya, menurut salah satu Teks Peti Mati Mesir, Nut digambarkan sebagai “tangga” yang melaluinya jiwa orang mati dapat naik ke alam baka. Ini mencerminkan peran Bima Sakti dalam mitologi penduduk asli Amerika.