Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2024, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Piramida Mesir merupakan bangunan yang sangat menakjubkan. Salah satunya, Piramida Agung Giza, adalah keajaiban dunia kuno terakhir yang masih ada.

Meski terdapat puluhan bangunan serupa yang tersebar di lanskap tersebut, sebenarnya, berapa jumlah piramida Mesir kuno yang masih berdiri hingga saat ini?

Jumlah piramida Mesir 

Menurut Ann Macy Roth, profesor sejarah seni dan studi Ibrani dan Yudaisme di Universitas New York, pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab. Pasalnya, Roth mencatat bahwa para ahli belum tentu sepakat mengenai definisi piramida Mesir itu sendiri.

Misalnya, pada dinasti ke-25 (sekitar tahun 712 hingga 664 SM), Mesir diperintah oleh firaun dari Nubia (sekarang Sudan dan sebagian Mesir selatan). Para pemimpin Nubia ini membangun piramida di Sudan, tetapi juga merupakan penguasa Mesir, jadi masih menjadi perdebatan apakah piramida yang mereka bangun di Sudan termasuk piramida Mesir.

Masalah lainnya adalah apakah piramida yang lebih kecil, m disebut “piramida ratu”, yang terletak di samping piramida yang lebih besar harus dihitung dalam jumlah total. Misalnya, setidaknya ada delapan piramida kecil di samping piramida Khufu, Khafre, dan Menkaure di Giza. Ada juga yang menyebut piramida-piramida kecil ini sebagai "piramida sekunder".

Baca juga: Ruang Tersembunyi Ditemukan di Piramida Mesir yang Nyaris Runtuh

Mark Lehner, Presiden Asosiasi Penelitian Mesir Kuno, menjelaskan lebih lanjut tentang tantangan dalam menghitung piramida.

Lehner mengatakan, hal ini sebagai bergantung pada apa yang disebut piramida. Salah satu masalahnya adalah tidak semua piramida selesai dibangun. Dan dalam beberapa kasus, pembangunan piramida terhenti tak lama setelah dimulai, sehingga muncul pertanyaan, apakah piramida yang belum selesai dibangun juga harus dihitung?

Lehner juga mencatat bahwa selama Kerajaan Baru (sekitar tahun 1550 hingga 1070 SM), individu terkadang membangun piramida kecil di makam mereka, dan apakah piramida kecil ini akan dihitung masih diperdebatkan.

Meskipun jumlah piramida Mesir masih diperdebatkan, seorang pakar mengatakan bahwa jumlah 118 mungkin tidak jauh berbeda.

David Lightbody, Egyptologist dan profesor di Universitas Vermont, mengatakan, ia percaya angka tersebut mungkin adalah perkiraan kasar,bmeskipun ia pribadi belum menghitung semuanya.

Baca juga: Mengapa Firaun Mesir Kuno Berhenti Membangun Piramida?

Meskipun Mesir terkenal dengan piramidanya, sebenarnya terdapat lebih banyak piramida di Sudan dibandingkan di Mesir, kata Lightbody. Sejumlah besar piramida terus ditemukan di kuburan kuno Sudan meskipun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan yang dibangun di Giza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com