Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Pertanyaan tentang bagaimana piramida dibangun belum mendapat jawaban yang sepenuhnya memuaskan. 

Teori yang paling masuk akal adalah bahwa orang Mesir menggunakan tanggul batu bata, tanah, dan pasir yang miring serta melingkar, yang tinggi dan panjangnya bertambah seiring dengan naiknya bangunan piramida. 

Melihat kemegahan Piramida, bisa diperkirakan bahwa pembangunannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Berapa lama Piramida dibangun?

Melansir Encyclopedia Britannica, menurut sejarawan Yunani kuno, Herodotus, Piramida Giza membutuhkan waktu 20 tahun untuk dibangun dan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 100.000 orang. 

Baca juga: Seperti Apa Bentuk Piramida Mesir saat Pertama Kali Dibangun?

Angka ini dapat dipercaya mengingat asumsi bahwa para pekerjanya, yang merupakan buruh tani, hanya bekerja di piramida (atau utamanya) karena hanya ada sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan di ladang. 

Pasalnya, ketika itu, Sungai Nil sedang banjir. Namun, pada akhir abad ke-20, para arkeolog telah menemukan bukti bahwa tenaga kerja yang lebih terbatas mungkin telah menempati situs tersebut secara permanen daripada musiman. 

Dikatakan bahwa sedikitnya 20.000 pekerja, dengan pekerja pendukung lain yang menyertai (tukang roti, dokter, pendeta, dll), akan cukup untuk menyelesaikan tugas membangun Piramida.

Kapan Piramida dibangun?

Dikutip dari National Geographic, Piramida Giza merupakan makam monumental, peninggalan era Kerajaan Lama Mesir yang dibangun sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Baca juga: Bagaimana Orang Mesir Kuno Memindahkan Batu untuk Membangun Piramida?

Firaun Khufu memulai proyek piramida Giza pertama, sekitar tahun 2550 SM. Piramida Agungnya adalah yang terbesar di Giza dan menjulang sekitar 147 meter di atas dataran tinggi.

Piramida pertama diperkirakan menggunakan 2,3 juta balok batu masing-masing memiliki berat rata-rata 2,5 hingga 15 ton.

Putra Khufu, Firaun Khafre, membangun piramida kedua di Giza, sekitar tahun 2520 SM. Pekuburannya juga termasuk Sphinx, monumen batu kapur misterius dengan tubuh singa dan kepala firaun.

Bangunan yang ketiga dari Piramida Giza jauh lebih kecil dari dua bangunan yang pertama. Dibangun oleh Firaun Menkaure sekitar tahun 2490 SM, bangunan tersebut menampilkan kuil kamar mayat yang jauh lebih kompleks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com