Kompas.com - 07/03/2022, 20:31 WIB


KOMPAS.com - Prekusor dinosaurus tertua dari Amerika Selatan ditemukan para peneliti di Brasil. Spesimen fosil ini memberikan data penting tentang asal usul dinosaurus "sejati".

Ahli paleontologi dari Universidade Federal de Santa Maria (UFSM) telah menerbitkan sebuah penelitian di Gondwana Research periodik ilmiah yang menggambarkan spesimen fosil baru tersebut.

Dilansir dari Phys, Senin (7/3/2022), fosil diosaurus tertua telah digali dari lapisan fosil yang diperkirakan berasal dari 233 juta tahun yang lalu dari Brasil dan Argentina.

Beberapa endapan di mana fosil ditemukan di Argentina, menunjukkan spesimen yang lebih tua dan mengungkap sisa-sisa prekursor dinosaurus, yang memberikan data penting tentang asal usul dinosaurus.

Menurut studi, makhluk tersebut hidup sekitar 236 juta tahun yang lalu dan memiliki ukuran tubuh yang kecil, yakni dengan panjang tidak lebih dari 1 meter.

Baca juga: Mengejutkan, Nenek Moyang Dinosaurus Ternyata Seukuran Cangkir Kopi

Catatan fosil prekusor atau nenek moyang dinosaurus di Argentina cukup melimpah, namun tidak ada catatan yang jelas tentang hewan-hewan purba ini dari Brasil.

Sejauh ini, spesimen fosil dinosaurus baru yang digali dari wilayah tengah negara bagian Rio Grande do Sul telah mengungkapkan serangkaian sifat unik dari kelompok yang mencakup spesies dinosaurus dan kerabat dekat mereka.

Spesimen fosil tersebut dipelajari dan diterbitkan oleh ahli paleontologi dari Universidade Federal de Santa Maria Dr. Rodrigo Temp Müller dan mahasiswa Magister dari institusi yang sama Maurício Silva Garcia.

Fosil nenek moyang dinosaurus tersebut terdiri dari tulang paha dengan panjang 11 cm dan memiliki fitur diagnostik yang memungkinkan menempatkan spesies tersebut ke dalam kelompok bernama Dinosauromorpha.

Baca juga: Fosil Dinosaurus di Argentina Berasal dari Keluarga Titanosaurus Tertua

Halaman:
Sumber PHYSORG
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.