Kompas.com - 07/03/2022, 20:31 WIB

KOMPAS.com - Prekusor dinosaurus tertua dari Amerika Selatan ditemukan para peneliti di Brasil. Spesimen fosil ini memberikan data penting tentang asal usul dinosaurus "sejati".

Ahli paleontologi dari Universidade Federal de Santa Maria (UFSM) telah menerbitkan sebuah penelitian di Gondwana Research periodik ilmiah yang menggambarkan spesimen fosil baru tersebut.

Dilansir dari Phys, Senin (7/3/2022), fosil diosaurus tertua telah digali dari lapisan fosil yang diperkirakan berasal dari 233 juta tahun yang lalu dari Brasil dan Argentina.

Beberapa endapan di mana fosil ditemukan di Argentina, menunjukkan spesimen yang lebih tua dan mengungkap sisa-sisa prekursor dinosaurus, yang memberikan data penting tentang asal usul dinosaurus.

Menurut studi, makhluk tersebut hidup sekitar 236 juta tahun yang lalu dan memiliki ukuran tubuh yang kecil, yakni dengan panjang tidak lebih dari 1 meter.