Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Sehat Mana Gula Aren atau Gula Merah?

Kompas.com - 25/02/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Gula aren seringkali dianggap sama dengan gula merah. Faktanya, kedua jenis gula ini berbeda, terutama dalam hal bahan baku.

Orang masih sering membandingkan mana yang lebih sehat antara gula merah dan gula aren.

Namun, sebelum memahami lebih jauh, mari mengenal dahulu asal-usul gula aren dan gula merah ini.

Asal gula aren dan gula merah

Gula aren atau palm sugar berasal dari pohon aren. Dikenal juga sebagai gula kelapa tetapi bukan berasal dari pohon kelapa. Sebab, gula aren berasal dari getah pohon kelapa aren yang disebut dengan nira.

Dilansir dari WebMed, Sabtu (25/2/2023), nira kelapa dipanen dengan memotong batang kuncup bunga pohon aren untuk diambil nektarnya.

Gula putih dan gula merah terbuat dari tebu. Hanya saja perbedaan gula merah dan gula pasir terletak pada proses pembuatannya, dikutip dari Healthify Me.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Gula Merah atau Gula Pasir?

Nutrisi dan manfaat gula aren

Gula aren adalah jenis pemanis yang populer di kalangan orang yang menjalani pola makan sehat maupun para vegan, karena gula ini berbahan dasar nabati dan diproses secara minimal.

Sebagai gula nabati dan pemanis alami, maka tak heran jika banyak orang yang merasa gula aren lebih sehat dibandingkan gula pasir biasa.

Palm sugar memiliki banyak nutrisi yang dipertahankan dari pohon aren, selama proses pembuatannya. Kandungan nutrisi gula ini antara lain sebagai berikut.

  • Zat besi
  • Seng
  • Kalsium
  • Potasium

Kendati gula aren memiliki beberapa manfaat kesehatan yang potensial, tapi gula ini hanya pemanis yang tidak kaya nutrisi.

Kendati demikian, manfaat gula aren masih dapat mencegah penurunan kadar gula darah. Sebab, tubuh juga bergantung pada glukosa untuk energi.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minum Air Mineral atau Rebusan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com