Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos ke Semifinal Piala Asia U23 2024, Indonesia Hentikan Rekor Korsel Lolos ke Olimpiade

Kompas.com - 26/04/2024, 16:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia berhasil menang dramatis atas Korea Selatan di laga perempat final Piala Asia U23 2024 dengan adu penalti 11-10 setelah kedua tim imbang dengan skor 2-2.

Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan U23 itu digelar di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Sebelum adu penalti dimulai, Indonesia berhasil unggul 2-1 terlebih dahulu di babak pertama melalui gol dari Rafael Struick (15', 45+3').

Sayangnya, gol balasan bagi Korea Selatan tercipta melalui gol bunuh diri dari bek Indonesia, Komang Teguh (45' OG). Kemudian, Korea Selatan kembali mencetak gol melalui tendangan dari Jeong Sang-bin (84').

Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu yang dilakukan 15x2 menit. Namun, kedua kesebelasan kembali bermain imbang, sehingga terpaksa dilakukan adu penalti.

Pratama Arhan mencetak gol penentu kemenangan di babak adu ketangkasan dari titik putih setelah penendang ke-10 Korsel, Lee Kang-hee gagal mencetak gol.

Baca juga: Indonesia Vs Korea Selatan di Piala Asia U23, Shin Tae-yong dan Pratama Arhan Akan Hadapi Rekannya


Gagalkan Korsel ke Olimpiade 

Kemenangan Indonesia atas Korea Selatan di Piala Asia U23 2024 mencatatkan sejarah baru lantaran Indonesia selangkah lagi bisa lebih dekat dengan tiket Olimpiade 2024 Paris.

Selain itu, kekalahan yang dialami oleh tim asuhan Hwang Sun-hong ini menjadi pukulan telak bagi tim mereka. Pasalnya, Korea Selatan begitu dominan di kategori umur tersebut, dan digadang-gadang menjadi calon juara.

Kekalahannya atas Indonesia U23 ini juga membuat Korea Selatan gagal melaju ke Olimpiade Paris 2024.

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil mematahkan track record mantan tim asuhan Shin Tae-yong itu.

Sebab, untuk pertama kalinya, Korsel gagal melaju ke Olimpiade setelah selalu lolos sejak tahun 1988.

Rekor Korea Selatan lolos ke Olimpiade secara beruntun berhenti di angka sembilan.

Di sisi lain, wartawan Korea Selatan, Steve Han sebelum pertandingan menyampaikan bahwa hasil ini bisa berakibat buruk kepada Presiden KFA, Chung Mong-gyu yang.

"Jika kalah dari Indonesia, yang dengan segala hormat tim hormat tim fantastis, tim Indonesia terkuat yang pernah saya lihat, dan Korea gagal lolos ke Olimpiade karena terjegal oleh Indonesia itu akan jadi sebuah aib," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Jumat (26/4/2024).

"Saya dapat memprediksi bahwa Presiden KFA akan berada dalam tekanan untuk lengser jika hal ini terjadi. Tentu saja hal itu karena apa yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir," tambahnya.

Baca juga: 7 Torehan Sejarah Indonesia Usai Kalahkan Korea Selatan, Tak Hanya Lolos Semifinal Piala Asia U-23

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com