Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Penyakit Kusta dari Ciri-ciri hingga Masa Inkubasinya

Kompas.com - 20/08/2022, 12:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber WebMD,CDC,WHO

KOMPAS.com - Kusta adalah penyakit kuno yang menyebabkan luka parah pada kulit dan kerusakan saraf di lengan, kaki, dan area kulit sekitar tubuh.

Penyakit kusta disebabkan oleh Mycobacterium leprae, yang dapat menular jika terdapat kontak dekat berulang dengan tetesan hidung dan mulut dari penderita kusta yang tidak diobati.

Belum diketahui secara jelas cara penularan kusta. Namun saat penderita kusta batuk atau bersin, mereka dapat menyebarkan droplet mengandung bakteri M. leprae yang dihirup orang lain.

CDC menegaskan, penyakit kusta tidak bisa ditularkan melalui kontak biasa dengan orang yang memiliki kusta seperti berjabat tangan, berpelukan, duduk bersebelahan di transportasi umum, dan duduk bersama saat makan.

Selain itu, penyakit kusta atau juga dikenal sebagai Hansen tidak ditularkan dari ibu ke bayinya yang belum lahir selama kehamilan, serta tidak menyebar melalui kontak seksual. 

Ciri-ciri penyakit kusta

WebMD menuliskan, kusta terutama mempengaruhi kulit dan saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang yang disebut saraf perifer. Kerusakan saraf bisa membuat hilangnya rasa di lengan, kaki, dan kelemahan otot.

Baca juga: Penyakit Kusta Bisa Diobati dan Disembuhkan, Ikwanto Telah Membuktikannya

Selain itu, penyakit kusta ini juga bisa menyerang mata dan jaringan tipis yang melapisi bagian dalam hidung. Terdapat beberapa ciri-ciri utama penyakit kusta seperti luka pada kulit, benjolan yang tidak kunjung hilang setelah beberapa minggu atau bulan, serta luka kulit berwarna pucat.

Masa inkubasi atau waktu antara kontak dengan bakteri hingga munculnya gejala dari penyakit kusta cukup lama.

Biasanya diperlukan waktu sekitar 3-5 tahun untuk gejala muncul setelah bersentuhan dengan bakteri penyebab kusta, bahkan beberapa orang tidak mengalami gejala sampai 20 tahun kemudian.

Masa inkubasi kusta yang panjang ini menyulitkan dokter untuk menentukan waktu dan lokasi penderita kusta tertular.

Bentuk penyakit kusta

Kusta ditentukan oleh jumlah dan jenis luka kulit yang dimiliki. Gejala dan pengobatan khusus tergantung pada jenis kusta ini. Beberapa jenis kusta sebagai berikut:

  • Tuberkuloid

Bentuk penyakit kusta yang ringan dan tidak terlalu panah. Orang dengan tipe ini hanya memiliki satu atau beberapa bercak datar, kulit berwarna pucat (kusta paucibacillary).

Baca juga: Penyakit Kusta Bisa Disembuhkan asal Cepat Dideteksi dan Diobati

Halaman:
Sumber WebMD,CDC,WHO


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com