Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Menaiki Tangga Bisa Bikin Panjang Umur, Apa Maksudnya?

Kompas.com - 30/05/2024, 09:35 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah mengetahui bahwa menaiki tangga dapat meningkatkan kebugaran dengan membakar kalori serta memperkuat otot.

Namun, studi terbaru menemukan bahwa olahraga sederhana seperti menaiki tangga sebenarnya dapat memperpanjang umur Anda.

Baca juga: Cara Gratis Cek Kesehatan Jantung, Naik Tangga 4 Lantai

Menaiki tangga dapat tingkatkan kesehatan jantung

Studi yang belum dipublikasikan ini sudah dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology pada akhir April 2024.

Tinjauan tersebut melibatkan hampir 500.000 orang untuk menemukan hubungan antara menaiki tangga dan berkurangnya kemungkinan kematian karena sebab apa pun.

Para peneliti juga menemukan bahwa naik tangga dapat menurunkan risiko kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, dikutip dari Medical News Today.

Tim menemukan bahwa orang dengan kebiasaan menaiki tangga sebagai salah satu bentuk olahraga memiliki risiko 24 persen lebih rendah terhadap “semua penyebab kematian”, atau meninggal karena sebab apa pun, dibandingkan dengan mereka yang tidak menaiki tangga.

Orang yang menaiki tangga juga memiliki peluang 39 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular, yang mencakup penyakit arteri koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, menurut WHO.

Penting untuk diingat bahwa penelitian ini bersifat observasional dan oleh karena itu tidak menentukan sebab akibat, namun dapat dikaitkan.

Mengapa Menaiki Tangga Meningkatkan Kesehatan

Menurut Tamanna Singh, MD, direktur Pusat Kardiologi Olahraga di Klinik Cleveland, manfaat dari menaiki tangga terletak pada sifat vertikalnya.

Baca juga: Lutut Sering Nyeri Jika Naik Turun Tangga, Gejala Apa?

Dibandingkan dengan aktivitas seperti berjalan di tanah datar, menaiki tangga adalah “tantangan aktivitas bagi tubuh untuk bergerak melawan gravitasi. Jenis gerakan ini membutuhkan 9,6 kali jumlah energi dibandingkan duduk.

Hal ini tidak hanya berarti bahwa menaiki tangga meningkatkan kebugaran kardiorespirasi, tetapi juga dapat meningkatkan aspek kesehatan lainnya seperti, memperkuat rantai posterior, paha belakang, fleksor pinggul, dan betis. Dimana hal tersebut dapat meningkatkan mobilitas dan ketahanan muskuloskeletal secara keseluruhan.

Berapa Banyak Tangga yang Harus Anda Naiki?

Tidak ada penelitian yang cukup untuk merekomendasikan jumlah penerbangan tertentu atau tingkat intensitas untuk mencapai manfaat kesehatan yang ditemukan dalam penelitiannya.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lima hingga enam tangga setiap hari (atau setara dengan 50 hingga 60 langkah) dapat memberikan dampak, dikutip dari Health.

Sebuah studi tahun 2023 yang terbit dalam jurnal Atherosclerosis, menemukan hubungan antara mendaki setidaknya 50 langkah setiap hari dan penurunan risiko aterosklerosis yaitu ketika penumpukan plak menyebabkan pengerasan arteri sebesar 20 persen.

Baca juga: Cegah Kepikunan dengan Naik Turun Tangga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com