Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Sebut Gempa Taiwan Mw 7,3 Tak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Kompas.com - 03/04/2024, 10:06 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber BMKG

 

KOMPAS.com - Taiwan bagian timur diguncang gempa bumi berkekuatan Mw 7,3 pada Rabu (3/4/2024), pukul 06:58:09 WIB. Episenters gempa tersebut terletak di laut pada koordinat 23,80° LU 121,67° BT, dengan kedalaman 11 km.

Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang diduga dipicu aktivitas subduksi lempeng di Palung Ryukyu (Ryukyu Trench) dengan mekanisme sesar naik (thrust fault).

Dampak gempa ini dilaporkan menimbulkan kerusakan sedang hingga berat, yang mencapai skala intensitas VII-VIII MMI di berbagai wilayah yang dekat dari pusat gempa.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa ini menimbulkan tsunami lokal di wilayah Taiwan.

Baca juga: Bukti Gempa Bumi Paling Awal Ditemukan di Afrika

Gempa Bumi Taiwan tak menimbulkan tsunami di Indonesia. Gempa Bumi Taiwan tak menimbulkan tsunami di Indonesia.

Berdasarkan catatan alat pendeteksi tsunami di Chenggong (Taiwan), gempa bumi ini menimbulkan tsunami dengan ketinggian 45 cm. Tsunami juga terjadi di Longdong (Taiwan) dengan ketinggian 21 cm dan di Ishigakijima (Jepang) dengan ketinggian 12 cm.

Sementara itu, menurut hasil pemodelan tsunami dan analisis yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi Taiwan, yang menimbulkan tsunami kecil di laut Taiwan dan sekitarnya, tidak berdampak signifikan hingga di wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak percaya dengan berita bohong (hoax) atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BMKG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com