Ukurannya Menyusut, Bulan Jadi Rentan Tanah Longsor dan Gempa

Kompas.com - 31/01/2024, 13:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Bulan perlahan menyusut selama jutaan tahun. Hal ini ternyata mempunya konsekuensi besar, bersamaan dengan penyusutan itu terjadi gempa di Bulan dan tanah longsor.

Masalah terjadi karena kini misi Artemis tengah melakukan persiapan untuk mendarat di Bulan pada tahun 2026 mendatang.

Baca juga: Kenapa Pilih Bikin Koloni di Mars daripada di Bulan?

Para ahli geologi khawatir apakah gempa Bulan serta tanah longsor itu bakal berdampak pada pendaratan misi tersebut.

Gempa Bulan

Mengutip IFL Science, Selasa (30/1/2024) penelitian baru kini menyelidiki dampak gempa Bulan yang tercatat, khususnya di sekitar Kutub Selatan Bulan.

Itu merupakan wilayah yang selama ini menjadi tujuan eksplorasi, sekaligus area yang terletak di dekat sisi pendaratan Artemis 3 yang direncakanan akan mendarat tahun 2026.

Penelitian menemukan bahwa beberapa lereng permukaan di wilayah tersebut sangat rentan retak akibat guncangan.

"Anda bisa membayangkan permukaan Bulan kering, dipenuhi kerikil dan debu. Selama miliaran tahun, permukaannya telah dihantam oleh asteroid dan komet, sehingga fragmen yang dihasilkan terus menerus terlontar akibat benturan tersebut yang memungkinkan terjadinya guncangan dan tanah longsor," kata Nicholas Schmerr, peneliti dari Universitas Maryland.

Gempa Bulan sendiri tidak terlalu dalam, terjadi pada kedalaman 50-220 kilometer di bawah permukaan.

Gempa juga tidak terlalu kuat. Gempa terkuat yang pernah tercatat adalah berkekuatan 5,7 yang berasal dari wilayah Kutub Selatan.

Namun, meski lebih lemah dibandingkan gempa di Bumi, gempa bulan berlangsung selama berjam-jam, menjadikannya sebagai kekhawatiran yang tidak boleh dianggap remeh.