Penularan Varian Omicron, WHO Berharap Lebih Banyak Informasi dalam Beberapa Hari

Kompas.com - 02/12/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi varian baru virus corona ditemukan di Botswana, Afrika Selatan. Ilmuwan setempat memperingatkan varian baru Covid-19 yang disebut B.1.1.529 dapat menghindari kekebalan dan berpotensi meningkatkan penularan. Varian Omicron ini telah dilaporkan ke WHO, dan menunjukkan penyebaran sangat cepat di Afrika Selatan. SHUTTERSTOCK/LightspringIlustrasi varian baru virus corona ditemukan di Botswana, Afrika Selatan. Ilmuwan setempat memperingatkan varian baru Covid-19 yang disebut B.1.1.529 dapat menghindari kekebalan dan berpotensi meningkatkan penularan. Varian Omicron ini telah dilaporkan ke WHO, dan menunjukkan penyebaran sangat cepat di Afrika Selatan.


KOMPAS.com - Para ilmuwan masih terus mempelajari varian Omicron dari Afrika Selatan hingga saat ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berharap dapat memiliki lebih banyak informasi tentang penularan varian baru virus ini dalam beberapa hari ke depan.

Hal itu disampaikan Kepala Penasihat Teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove mengatakan dalam sebuah pengarahan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (2/12/2021).

Target tersebut lebih cepat, dari yang diperkirakan WHO pada pekan lalu, bahwa kemungkinan informasi tentang penularan varian Omicron dapat diperoleh selama beberapa minggu.

 

Baca juga: Update WHO tentang Varian Omicron, Penularan hingga Efektivitas Vaksin

 

Varian baru Omicron, setelah dilaporkan otoritas kesehatan Afrika Selatan, langsung diklasifikasikan WHO sebagai 'variant of concern'. Hingga kini, para ahli masih mengkaji lebih banyak informasi tentang penularan varian Covid-19 terbaru ini. 

Salah satu alasannya, yakni para ilmuwan Afrika Selatan mengatakan bahwa varian B.1.1.529 yang kemudian dinamai varian Omicron ini membawa banyak mutasi virus.

Bahkan, mutasi virus corona yang terkandung dalam varian ini mencapai puluhan mutasi, dan sebagian besar mutasi tersebut tidak dikenal.

Dengan banyaknya mutasi virus varian Omicron, banyak ahli mengkhawatirkan apakah penularan varian corona yang dilabeli WHO sebagai varian dalam perhatian, lebih menular dan dapat menghindari kekebalan yang dibentuk oleh vaksin.

Baca juga: 5 Varian yang Masuk Daftar Variant of Concern WHO, Terbaru Omicron

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.