Kompas.com - 23/01/2022, 07:03 WIB
ilustrasi truffle oil atau minyak truffle oil. PIXABAY/JILLWELLINGTONilustrasi truffle oil atau minyak truffle oil.

KOMPAS.com - Truffle oil merupakan salah satu bahan yang digunakan peserta MasterChef Indonesia season 9 dalam episode pertama, Sabtu (22/1/2022).

Cheryl, nama peserta tersebut, membuat arancini dengan truffle oil. Namun, jumlah truffle oil yang digunakannya terlalu banyak. Chef Juna Rorimpandey mengatakan bahwa hal ini menyebabkan sajian Cheryl beraroma seperti sabun.

Namun, apa sebenarnya truffle oil itu?

MelansirTastingTabletruffle oil atau minyak truffle adalah minyak zaitun berkualitas yang diresapi truffle hitam atau putih.

Saat ini, minyak truffle banyak dibuat secara sintetis dengan bahan, seperti dithiapentane, sebuah molekul aromatik yang memberi bau khas.

Hal tersebut menyimpulkan bahwa sebagian besar minyak truffle sebenarnya tidak dibuat menggunakan truffle asli sama sekali.

Namun, sebagian minyak truffle lainnya, mengutip The Spruce Eats, masih ada yang mengandung truffle kering di dalam botol.

Sayangnya, zat  dalam truffle disebut mudah menguap sehingga sudah hilang dan tidak dapat memberikan rasa sama sekali.

Baca juga:

Ilustrasi truffle, jamur termahal di dunia. PIXABAY/MRDIDG Ilustrasi truffle, jamur termahal di dunia.

Pengganti truffle 

Minyak truffle sudah dikenal sejak lama. Minyak ini diperkirakan populer sejak 1990-an di kalangan koki rumahan dan koki profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.