Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 07:03 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Truffle oil merupakan salah satu bahan yang digunakan peserta MasterChef Indonesia season 9 dalam episode pertama, Sabtu (22/1/2022).

Cheryl, nama peserta tersebut, membuat arancini dengan truffle oil. Namun, jumlah truffle oil yang digunakannya terlalu banyak. Chef Juna Rorimpandey mengatakan bahwa hal ini menyebabkan sajian Cheryl beraroma seperti sabun.

Namun, apa sebenarnya truffle oil itu?

MelansirTastingTabletruffle oil atau minyak truffle adalah minyak zaitun berkualitas yang diresapi truffle hitam atau putih.

Saat ini, minyak truffle banyak dibuat secara sintetis dengan bahan, seperti dithiapentane, sebuah molekul aromatik yang memberi bau khas.

Hal tersebut menyimpulkan bahwa sebagian besar minyak truffle sebenarnya tidak dibuat menggunakan truffle asli sama sekali.

Namun, sebagian minyak truffle lainnya, mengutip The Spruce Eats, masih ada yang mengandung truffle kering di dalam botol.

Sayangnya, zat  dalam truffle disebut mudah menguap sehingga sudah hilang dan tidak dapat memberikan rasa sama sekali.

Baca juga:

Ilustrasi truffle, jamur termahal di dunia. PIXABAY/MRDIDG Ilustrasi truffle, jamur termahal di dunia.

Pengganti truffle 

Minyak truffle sudah dikenal sejak lama. Minyak ini diperkirakan populer sejak 1990-an di kalangan koki rumahan dan koki profesional.

Bagi beberapa orang yang belum pernah mencicipi truffle, minyak ini disebut dapat mewakilkan sedikit cita rasa truffle segar.

Minyak truffle sengaja digunakan karena beberapa alasan. Salah satunya adalah harga trufffle asli yang cenderung mahal.

Itu sebabnya, truffle segar terkadang diekstrak untuk mendapatkan aroma dan rasa ke dalam minyak zaitun, meski hanya bertahan hingga lima hari.

Namun, penggunaan minyak ini tidak boleh terlalu banyak. Sebab, minyak truffle memiliki rasa dan aroma yang kuat.

Minyak truffle cukup digunakan sebanyak satu atau dua tetes untuk satu porsi sajian matang, yang sudah dihidangkan di atas piring, seperti pasta, pizza, kentang goreng, dan risotto.

Jangan menggunakan minyak truffle saat masih proses memasak dengan api menyala. Hal ini bisa membuat rasa minyak akan rusak oleh panas.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com