Truffle si Jamur Mahal Tak Laku Terjual Akibat Restoran Tutup Saat Pandemi

Kompas.com - 11/06/2020, 09:17 WIB
Ilustrasi truffle, jamur termahal di dunia. PIXABAY/MRDIDGIlustrasi truffle, jamur termahal di dunia.

KOMPAS.com - Restoran di dunia banyak yang tutup selama pandemi corona (Covid-19), bahkan yang mewah sekalipun.

Melansir Bloomberg, penyedia bahan makanan bagi restoran ikut terdampak, termasuk pemasok wholesale truffle kenamaan di Inggris, TruffleHunter UK.

Baca juga: Imbas Pandemi, 20 Persen Restoran di Jepang Diprediksi Bangkrut

Truffle, jamur mahal berwarna hitam dan putih ini menjadi bahan utama makanan premium di restoran mewah.

Permintaan dari restoran menurun

Sebelumnya, setiap tahun TruffleHunter UK mampu menjual truffle khas musim gugur dan musim panas ke kawasan pegunungan Sibillini dan Teruel, Spanyol.

Harga truffle yang ditawarkan 6.000 pounds atau sekitar Rp 108 juta per kilogram.

Restoran langganan pemasok truffle tersebut kebanyakan tutup selama masa lockdown, mungkin juga belum buka kembali dalam waktu dekat.

"Pesanan (truffle) sebagian besar dari restoran bintang Michelin," ungkap Head of Wholesale Sales & Export TruffleHunter UK John Gregson, seperti dikutip dari Bloomberg.

John Gregson mengatakan, ia tak mengetahui apakah restoran tersebut akan buka kembali saat panen truffle pada musim gugur dan musim dingin.

Ilustrasi winter truffle, jamur mahal untuk hidangan mewah. PIXABAY/WIKIIMAGES Ilustrasi winter truffle, jamur mahal untuk hidangan mewah.

Cara lain agar truffle tetap terjual

Untuk menyiasati penurunan permintaan dari restoran, TruffleHunter UK melakukan strategi lain agar truffle tetap terjual.

Supplier truffle tersebut banting setir ke penjualan langsung kepada pelanggan di rumah yang biasanya mencari minyak dan mentega truffle. Mengingat para pelanggan di rumah tersebut ingin merasakan makan mewah walau hanya di rumah saja.

Halaman:

Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X