Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Indonesia Tampil pada Pameran Kopi Terbesar di Inggris dan Eropa

Kompas.com - 15/04/2024, 19:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di seluruh dunia.

Dilansir dari Kompas.com, (29/3/2023), Indonesia bahkan jadi negara produsen kopi terbanyak keempat dunia.

Indonesia hanya kalah dari Brasil di peringkat pertama, Vietnam di peringkat kedua, dan Kolombia di peringkat ketiga.

Baca juga: Cara Membuat Kopi Jahe yang Praktis, Bisa Pakai Kopi Sachet

Pada 11 sampai 14 April 2024, kopi Indonesia juga berkesempatan tampil pada ajang The London Coffe Festival 2024 di Truman Brewery, London, Inggris.

Ini merupakan pameran kopi terbesar di Inggris dan Eropa. Kopi Indonesia pun tampil dalam Paviliun Indonesia 'Discover Indonesia Pavilion.

Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya mengatakan, salah satu tujuan ikut sertanya kopi Indonesia pada ajang ini adalah, untuk mempromosikan keunggulan kopi Indonesia di kancah internasional.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

"Ini merupakan perwujudan komitmen untuk selalu mendukung petani dan eksportir kopi Indonesia," kata dia, dilansir dari rilis resmi dari KBRI London yang Kompas.com terima, Senin (15/4/2024).

Bidik pasar Inggris raya dan Eropa

Adapun pada kesempatan ini, Pavilion Indonesia membidik pasar dari Inggris Raya, Eropa, serta negara lain, seperti Afrika Selatan, Meksiko, India, Mauritius, dan Malaysia.

Baca juga: Studi: Minum Kopi dan Teh Baik untuk Kesehatan Liver

"Khusus di Inggris, pameran ini penting karena Inggris merupakan pasar besar sebagai tujuan ekspor kopi Indonesia," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.

Kopi Indonesia Tampil pada Ajang London Coffe Festival 2024.Dok. KBRI London Kopi Indonesia Tampil pada Ajang London Coffe Festival 2024.

Pavilion Indonesia pun menghadirkan produk UMKM kopi dari Sibolga dan Jember untuk menyajikan taste of Indonesia kepada importir dan penikmat kopi di Inggris.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula? Berikut 10 Daftarnya…

Atase Perdagangan KBRI London Ayu Siti Maryam mengatakan, Indonesia memang menjadi salah satu dari 10 negara eksportir kopi terbesar ke Inggris dengan nilai ekspor 26 juta Dollar AS pada 2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com