Kompas.com - 08/12/2021, 09:08 WIB
ilustrasi table setting dalam table manner. SHUTTERSTOCK/AleksSafronovilustrasi table setting dalam table manner.

KOMPAS.com - Table manner atau etika makan meliputi cara berpakaian, cara menyantap makanan, hingga cara berbicara saat makan.

Menurut Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso, table manner umumnya digunakan saat makan di restoran.

Sementara itu, International Director John Robert Powers Indayati Oetomo mengatakan pada Kompas.com, Rabu (1/12/2021) bahwa table manner biasanya diterapkan di acara formal.

Etika makan berbeda tiap restoran

Meski banyak restoran yang menerapkan etika makan ini, Stefu menuturkan, table manner di tiap restoran tidak selalu sama persis antara satu dan lainnya.

"Kalau di sekolah diajarkan kita makan dengan table manner tetapi dalam kenyataannya kan masing-masing restoran punya SOP (standar aturan) yang berbeda," ujar Stefu pada Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Salah satu perbedaan standar table manner yang disampaikan oleh Stefu adalah mengenai penggunaan alat makan.

Beberapa restoran sengaja mengatur peralatan makan individu lengkap di atas meja, sedangkan restoran lainnya mengumpulkan alat makan untuk digunakan bersama.

"Maksudnya kalau sudah sharing ya taruh saja piringnya di tengah, cuttleries-nya di tengah," jelas Stefu.

Baca juga:

Standar table manner tersebut tidak hanya berlaku untuk restoran mewah. Table manner bisa diterapkan di restoran jenis apa saja.

"Lebih ke sangat-sangat fleksibel sih sekarang menurut saya dan itu pun pelaksanaannya tidak hanya tertutup sama restoran yang kelasnya fine dining tetapi lebih ke siapa saja yang mau menerapkan prinsip table manner," kata Stefu.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.