Kompas.com - 07/12/2021, 20:02 WIB
ilustrasi menu fine dining dengan porsi kecil. PIXABAY/TWK3ilustrasi menu fine dining dengan porsi kecil.

KOMPAS.com - Restoran fine dining akrab dikenal dengan sebutan restoran mewah di Indonesia. Tempat makan ini menawarkan konsep menu makanan dan minuman yang elegan.

Beragam menu yang ada di restoran fine dining umumnya disajikan dengan porsi kecil. 

"Mereka membuat makanan menjadi kecil-kecil itu kan sebenarnya supaya customer bisa mencoba seluruh makanan yang mereka punya, mulai dari appetizer sampai ke dessert," ujar Executive Chef di APREZ Catering dan & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Menurut Stefu, hal tersebut bisa dilihat di restoran fine dining di Eropa. Kebanyakan di antaranya menyajikan menu dalam satu rangkaian atau satu set.

"Satu set itu mereka memporsikan kecil-kecil karena ada orang yang bisa makan appetizer, sup, main course, dessert. Kalau itu gede-gede semua, ya tidak habis dimakan orang," lanjutnya.

Bukan hanya terdiri dari empat sajian, Stefu menuturkan, beberapa restoran fine dining bahkan menyediakan 7-12 hidangan dalam satu set.

"Kayak restoran yang di Singapura kebanyakan juga begitu kan, mereka restoran spesial gitu, fine dining 12 makanan," kata Stefu.

Baca juga:

Bahan makanan mahal

Selain memiliki tujuan agar tamu dapat mencicipi semua rangkaian menu yang tersedia, harga bahan makanan yang mahal juga menjadi alasan mengapa porsi makanan di restoran fine dining terbilang kecil. 

Restoran fine dining menggunakan bahan makanan berkualitas demi menyajikan menu terbaik bagi para tamunya.

ilustrasi menu restoran fine dining. SHUTTERSTOCK/Pietruszka ilustrasi menu restoran fine dining.

Kualitas bahan makanan yang didapatkan seimbang dengan harga. Stefu mencontohkan, harga satu kilogram daging bisa mencapai jutaan rupiah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.