Kompas.com - 29/11/2021, 22:02 WIB
ilustrasi tamu restoran fine dining yang berpakaian rapi. SHUTTERSTOCK/VGstockstudioilustrasi tamu restoran fine dining yang berpakaian rapi.

KOMPAS.com - Restoran fine dining umum dikenal sebagai tempat makan yang menyajikan rangkaian menu lengkap nan mewah dengan bahan berkualitas.

Aturan makan di restoran fine dining berbeda dengan restoran kasual. Restoran ini menganggap penting penggunaan etika makan atau table manner dari setiap pelanggannya.

Menurut Executive Chef di APREZ Catering dan & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso, table manner bukan sekadar menyangkut etika makan dan cara menggunakan peralatan makan.

Table manner justru dimulai dari cara berpakaian tamu restoran.

"Kalau kita masuk ke restoran, berpakaian lah yang rapi dan sopan, jangan hanya berpakaian asal-asalan," ujar Stefu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Bukan tanpa alasan mengapa cara berpakaian tamu restoran fine dining perlu diperhatikan.

Pasalnya, Stefu mengatakan bahwa tamu yang datang dengan pakaian tidak sesuai konsep justru dapat menurunkan martabat restoran itu sendiri.

"Jadi pakaian itu harus lebih rapi dan sopan, itu dari sisi tamu," lanjutnya.

Baca juga:

Aturan berpakaian restoran fine dining

Pentingnya menggunakan pakaian rapi saat mendatangi restoran fine dining bisa dilihat dari beberapa ketentuan restoran itu sendiri.

Tak jarang, restoran fine dining  menentukan aturan berpakaian (dresscode) khusus untuk setiap tamu yang datang.

Ilustrasi meja untuk makan malam romantis. PIXABAY/CHRISTINE SPONCHIA Ilustrasi meja untuk makan malam romantis.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.