Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Penting Berpakaian Rapi Saat Makan di Restoran Fine Dining?

Kompas.com - 29/11/2021, 22:02 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Restoran fine dining umum dikenal sebagai tempat makan yang menyajikan rangkaian menu lengkap nan mewah dengan bahan berkualitas.

Aturan makan di restoran fine dining berbeda dengan restoran kasual. Restoran ini menganggap penting penggunaan etika makan atau table manner dari setiap pelanggannya.

Menurut Executive Chef di APREZ Catering dan & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso, table manner bukan sekadar menyangkut etika makan dan cara menggunakan peralatan makan.

Table manner justru dimulai dari cara berpakaian tamu restoran.

"Kalau kita masuk ke restoran, berpakaian lah yang rapi dan sopan, jangan hanya berpakaian asal-asalan," ujar Stefu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Bukan tanpa alasan mengapa cara berpakaian tamu restoran fine dining perlu diperhatikan.

Pasalnya, Stefu mengatakan bahwa tamu yang datang dengan pakaian tidak sesuai konsep justru dapat menurunkan martabat restoran itu sendiri.

"Jadi pakaian itu harus lebih rapi dan sopan, itu dari sisi tamu," lanjutnya.

Baca juga:

Aturan berpakaian restoran fine dining

Pentingnya menggunakan pakaian rapi saat mendatangi restoran fine dining bisa dilihat dari beberapa ketentuan restoran itu sendiri.

Tak jarang, restoran fine dining  menentukan aturan berpakaian (dresscode) khusus untuk setiap tamu yang datang.

Ilustrasi meja untuk makan malam romantis. PIXABAY/CHRISTINE SPONCHIA Ilustrasi meja untuk makan malam romantis.

"Jadi beberapa restoran fine dining itu ada yang menentukan dresscode khusus, ada yang tidak harus menggunakan dresscode khusus tetapi kerapihannya diperhatikan," jelas Stefu.

Salah satu contoh yang diberikan oleh Stefu adalah restoran fine dining di Eropa.

Menurutnya, beberapa restoran fine dining di Eropa mengharuskan para tamu untuk menggunakan jas, celana panjang, dan sepatu.

"Kalau pakai celana pendek, ya tidak boleh masuk," tambah Stefu.

Sedikit berbeda dengan restoran di Eropa, beberapa restoran fine dining di Jakarta justru tidak mengharuskan tamu memakai busana formal.

"Kalau di Jakarta kan ada beberapa orang yang penting sopan dan rapi menggunakan sepatu bukan pakai sendal, pakai baju yang pantas lah. Meskipun kaus, celana panjang, dan sepatu," kata Stefu.

"Jangan sudah pakai kaus, celana pendek, terus sendal jepit. Itu yang kita katakan sebagai salah satu bagian dari table manner," lanjutnya.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com