Kompas.com - 29/11/2021, 16:33 WIB
ilustrasi tepung terigu. SHUTTERSTOCK/Africa Studioilustrasi tepung terigu.

KOMPAS.com - PT Indofood Sukses Makmur Tbk Grup Bogasari merupakan produsen tepung terigu terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia yang resmi menginjak usia ke-50 pada Senin (29/11/2021).

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan Kepala Grup Bogasari Franciscus Welirang mengatakan, Bogasari telah mengembangkan kemitraan dengan banyak pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sejak 1997.

"Kami memiliki komunitas-komunitas UMKM yang berkembang dan sampai saat ini mungkin sudah beralih ke generasi keduanya dalam UMKM," kata Franciscus dalam acara konferensi pres 50 tahun Bogasari, Senin (29/11/2021).

Menurut data yang disampaikan oleh Senior Vice President Marketing Grup Bogasari Ivo Ariawan, saat ini ada sekitar 47.000 mitra UMKM Bogasari yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mitra UMKM juga mendapatkan pendampingan untuk mengurus sertifikat Halal UMKM dan Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP).

Ada 75 UMKM anggota Bogasari Mitra Card (BMC) telah berhasil mendapatkan Sertifikat Halal serta 150 UMKM anggota BMC telah berhasil mendapatkan sertifikat PKP.

"Kita akan terus mendorong mereka untuk dapat (sertifikasi). Sebenarnya challenge yang paling besar terkait dengan bagaimana cara memasarkan, mereka sudah paham bagaimana cara memproduksi dengan baik tetapi cara memasarkannya menjadi satu challenge tersendiri," kata Ivo.

Bogasari memiliki beberapa cara untuk menciptakan dan mengembangkan UMKM kuliner di Indonesia. Salah satunya adalah melalui program Santri Foodpreneur.

"Tahun 2004-2005, di posisi itu kami banyak mengunjungi pesantren. Mereka membutuhkan satu skill, pada saat itu kami mulai berkembang dan mulai mengajak, saya kira yang pertama di Jawa Timur dan hari ini sudah berkembang terus," kata Franciscus.

Baca juga:

Ilustrasi roti bluder.DOK.SHUTTERSTOCK/Evie1704 Ilustrasi roti bluder.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.