Kompas.com - 07/12/2021, 19:03 WIB
tofu Dok. Pexels/ Polina Tankilevitchtofu

KOMPAS.com - Tahu dan tofu sering diangap sama. Keduanya sama-sama menggunakan kedelai sebagai bahan dasar, dan rasa yang dihasilkan pun hampir sama.

Namun meski serupa, keduanya sebenarnya tak sama. Simak perbedaan tahu dan tofu berikut:

Baca juga: 5 Jenis Tofu Populer di Jepang, Tahu Lembut yang Serbaguna

Baca juga: Mengulik Sejarah Tofu, Konon Ada Sejak 2.000 Tahun yang Lalu

1. Asal tahu dan tofu

Menurut Healthline, sederhananya tofu merupakan olahan kedelai yang dipadatkan bersama nigari. yaitu sisa distraksi dari air laut saat membuat garam.

Tofu berasal dari China, kemudian dibawa para perantau China hingga ke berbagai belahan dunia. Salah satunya yaitu Indonesia.

Tofu di setiap negara sudah mengalami perubahan, mulai dari bentuk hingga rasa yang dihasilkan.

Tahu yang kerap kita jumpai merupakan hasil adaptasi tofu yang datang ke Indonesia. Tekstur dan rasanya juga berbeda, oleh karena itu di Indonesia dinamakan dengan tahu.

perbedaan tahu dan tofuDok. Pexels/Lara Jameson perbedaan tahu dan tofu

Baca juga:

2. Tekstur tahu dan tofu

Tahu di Indonesia mengacu pada olahan berbahan dasar kedelai yang dipadatkan berbentuk kotak. Teksturnya lembut dan tidak mudah hancur, dan umumnya tahu yang dihasilkan berwara putih.

Lain halnya dengan tahu. Tofu memiliki tekstur lembut dan mudah hancur. Penyajiannya pun diberi kemasan khusus berupa plastik untuk melindungi tofu.

Seperti yang dijelaskan Taste of Home, saat mengolah tofu menjadi makanan, kamu harus memperhatikan teknik memasak yang digunakan cocok dengan jenis tofu yang akan diolah.

Tofu memiliki tekstur lembut dan mengandung banyak air, sehingga kamu harus hati-hati saat memasaknya.

Sedangkan saat mengolah tahu, kamu tidak perlu terlalu khawatir.

Tahu memiliki konsistensi yang cukup padat dibanding tofu, sehingga tidak mudah hancur, meskipun tahu mengandung banyak air dan bertekstur lembut seperti tofu. 

Baca juga:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.