Kompas.com - 06/12/2021, 19:07 WIB
Tofu, tahu khas Jepang Unsplash/Sherman KwanTofu, tahu khas Jepang

KOMPAS - Tofu merupakan salah satu kuliner asal China yang terkenal di seluruh dunia.

Penelitian dalam Jurnal Pemberdayaan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta berjudul  "Pembuatan Tahu Rumahan Khas Ledok Kulon", menjelaskan, tofu berasal dari bahasa Hokkian, yaitu doufu (dibaca: toufu) yang artinya kedelai terfermentasi. 

Proses pembuatan tofu sangat mirip dengan pembuatan keju, yakni cairan yang dipadatkan. Bedanya tofu diberi campuran nigari, yaitu sisa distraksi dari air laut saat membuat garam. 

Nigari merupakan koagulan yang kaya mineral, ia berperan membantu tofu agar menjadi keras dan tidak mudah hancur.

Keberadaan tofu hampir di kenal di seluruh negara, salah satunya yaitu Indonesia.

Di Indonesia, tofu hampir sama dengan tahu, karena kedua bahan pokok tersebut sama-sama terbuat dari hasil fermentasi kedelai.

Perbedaan mendasar antara kedua bahan pokok tersebut ada pada teksturnya. Tofu memiliki tekstur yang lebih lembut dan mengandung lebih banyak air dibandingkan rahu.

Japan Guide menuliskan, tofu merupakan sumber protein terbaik yang menjadi bahan makanan paling penting dalam masakan vegetarian kuil aliran Buddha (Shojin Ryori).

Tofu dapat diolah menjadi beragam hidangan yang lezat. Tidak hanya untuk makanan yang berkuah, tofu juga bisa diolah menjadi makanan bertekstur renyah.

Baca juga:

Sejarah tofu

Bicara mengenai asal mula adanya tofu, terdapat beragam versi cerita. Menurut Healthline, tofu awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang juru masak China lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.