Kompas.com - 30/11/2021, 10:38 WIB
Ilustrasi susunan alat makan steak di restoran fine dining. SHUTTERSTOCK/KONDOR83Ilustrasi susunan alat makan steak di restoran fine dining.

KOMPAS.com - Table manner merupakan etika makan yang umum diterapkan dalam jamuan khusus di sebuah restoran atau hotel.

Pelaksanaan table manner biasanyanya dilengkapi dengan table setting atau peralatan makan dan minum untuk menyantap hidangan.

Executive Chef APREZ Catering dan & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso mengatakan, table setting dalam table manner di Indonesia kini mengalami perubahan menjadi lebih fleksibel.

Sebelumnya, table setting untuk table manner disusun menurut rangkaian menu lengkap. Mulai dari peralatan makan untuk appetizer hingga dessert.

"Kalau sekarang cenderung gak ada setting, yang di-setting itu hanya napkin saja," kata Stefu kepada Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Menurut Stefu, fleksibilitas table setting ini disebabkan oleh pelaku table manner itu sendiri, yakni para tamu restoran.

"Rata-rata kan sudah tidak menjadi set menu yang lengkap ya lebih banyak mereka memilih, sekarang kan tamu lebih senang memilih," ungkap Stefu.

Kebanyakan tamu restoran tidak lagi mau menyantap rangkaian menu lengkap. Itu artinya, peralatan makan yang digunakan juga menyesuaikan dengan menu pilihan tamu.

Baca juga:

"Contoh dia makan salad sama steak. Nanti di-setting dulu alatnya untuk salad, setelah dia selesai makan salad, diangkat, di-clear up, baru di-setting lagi untuk steak-nya," jelasnya.

"Ada juga karena sudah tau bahwa dia akan makan salad dan steak, di-setting sesuai dengan ya alat makan untuk salad dan steak," tambahnya.

ilustrasi table setting dalam table manner. SHUTTERSTOCK/AleksSafronov ilustrasi table setting dalam table manner.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.