Kompas.com - 24/11/2021, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Fish and chips adalah hidangan asal Inggris yang terbuat dari olahan ikan berbalut tepung. Setelah itu, ikan berbalut tepung digoreng hingga kering.

Seperti namanya, tidak lupa juga ditambahkan potongan kentang goreng yang renyah. Hidangan ini kian populer karena banyak dijadikan menu spesial di restoran atau kafe.

Tidak ada salahnya untuk membuat fish and chips seenak restoran di rumah. Berikut, ada cara membuat fish and chips yang dilansir dari berbagai sumber agar hasilnya tidak berujung gagal.

Baca juga:

Ilustrasi fish and chips saus tartar. PIXABAY/SHARON ANG Ilustrasi fish and chips saus tartar.

1. Jenis ikan yang digunakan untuk fish and chips

Melansir dari laman The Spruce Eats, kalau kamu ingin membuat fish and chips klasik khas Inggris di rumah. Kamu bisa menggunakan jenis ikan cod, pollock, atau haddock.

Namun, kalau kamu kesulitan dalam membeli jenis ikan tersebut bisa juga menggunakan ikan tuna, dori, atau kakap.

Sebaiknya gunakan ikan segar. Namun, kalau kamu ingin menggunakan ikan beku juga tidak masalah. Pastikan ikan mencair dengan benar dan keringkan dengan kertas tisu dapur.

2. Cara celupkan ikan ke dalam adonan

Masih dalam laman yang sama, kalau ikan sudah dibersihkan dan siapkan untuk dibalut adonan.

Pastikan, kamu sudah menyiapkan adonan terlebih dahulu. Celupkan ikan dan masukkan langsung ikan berbalut tepung ke dalam minyak panas. Goreng hingga matang.

Mencelupkan ikan ke dalam adonan tepung sesaat sebelum digoreng bisa membuat adonannya ringan dan renyah.

3. Keringkan kentang yang akan digunakan

ilustrasi french fries atau kentang goreng. PIXABAY/matthiasboeckel ilustrasi french fries atau kentang goreng.

Bukan hanya adonan ikan saja yang enak disajikan renyah, kentang goreng juga. Ada cara membuat kentang goreng renyah yaitu dengan mengeringkan kentang menggunakan kertas tisu dapur sebelum digoreng.

Hal ini untuk menghilangkan kandungan pati yang bisa membuat minyak menempel pada kentang, seperti yang dilansir dari laman Taste.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.