Kompas.com - 07/12/2021, 21:03 WIB
tofu Dok.Pexels/ Polina Tankilevitch tofu

KOMPAS.com - Tofu terkenal kaya akan manfaat. Tidak hanya rasanya yang enak dan cocok sebagai cemilan, tofu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tofu dapat menjadi sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Melansir laman Heatline, simak beberapa manfaat makan tofu untuk kesehatan tubuh:

Baca juga:

1. Tofu mengurangi risiko penyakit jantung

Makanan berbahan dasar kedelai seperti tofu dapat membantu meningkatkan kesehatan. Salah satunya yaitu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Para ilmuan menemukan kandungan isoflavon yang terkandung dalam kedelai dapat mengurangi peradangan pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya.

Isoflavon merupakan senyawa tumbuhan alami yang terkandung dalam kedelai. Dalam 100 gram tofu, terdapat 20,2-24,7 miligram isovlafon.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 80 miligram isoflavon per hari selama 12 minggu dapat meningkatkan aliran darah sebesar 68 persen pada orang yang berisiko terkena stroke.

Tofu juga mengandung saponini, yaitu senyawa yang dianggap dapat memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung. 

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa saponin dapat meningkatkan kolesterol darah dan meningkatkan pembuangan asam empedu.

Kedua hal tersebut dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Tofu mengurangi risiko kanker

Bahan makanan berbahan dasar kedelai seperti tofu dapat melindungi tubuh dari kanker payudara, pencernaan, dan prostat. Seperti penjelasan berikut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.