Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mie Ayam & Bakso Balungan Aa di Yogyakarta, Jual Mie Ayam Tetelan Iga

Kompas.com - 14/10/2021, 13:06 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Yogyakarta memiliki beragam wisata kuliner yang patut dicoba. Selain gudeg, kamu pun bisa mencicipi mi ayam enak di Yogyakarta. 

Rata-rata sajian mi ayam yang dihidangkan di Yogyakarta yakni mi ayam khas Wonogiri. Mi ayam ini identik dengan rasanya yang manis dan gurih serta kuahnya yang cukup kental.

Jika kebetulan sedang jalan-jalan di kawasan Kulon Progo Yogyakarta, kamu bisa mampir ke ke warung Mie Ayam dan Bakso Balungan Aa.

Warung mi ayam ini menyajikan mi ayam dengan topping melimpah. Menu spesialnya yakni mi ayam ekstra ayam dan tetelan iga. 

Meski lokasinya jauh dari pusat kota Yogyakarta, tetapi warung ini tak pernah sepi pembeli. Terutama saat akhir pekan.

Baca juga:

Bermula dari membantu orang tua jualan

Enik Susanti, pemilik warung Mie Ayam dan Bakso Balungan Aa kepada Kompas.com (10/10/2021) turut menceritakan mulanya ia membangun usaha ini. 

Sebelumnya membuka warung mi ayam sendiri, Enik dan suami sempat membantu orang tua untuk berjualan bakso dan mi ayam di luar Yogyakarta. 

Kebetulan, orang tua suami Enik memiliki warung mi ayam di Lampung. Sementara, Enik sendiri kerap membantu orang tuanya berjualan bakso di kota kelahirannya, Lumajang Jawa Timur.

Baca juga: Resep Mie Ayam Jamur, Lengkap dengan Kuah dan Sambalnya

 

Hal tersebutlah yang lantas mendasari Enik dan suaminya, Jazuli Mustofa, untuk membuka warung mi ayam. 

"Kalau mertua asli Wonogiri. Saya asli Lumajang Jawa Timur. Kan bapak dulu ikut orang tuanya jualan mie ayam di Lampung, saya bantu orang tua jualan bakso di Lumajang, jadi kita digabung," terangnya. 

Ilustrasi warung Mie Ayam dan Bakso Balungan Aa di Kulon Progo, Yogyakarta. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi warung Mie Ayam dan Bakso Balungan Aa di Kulon Progo, Yogyakarta.

Kendati demikian, Enik dan suami baru membuka warung mi ayam sejak tahun 2018. Kala itu, mereka berangan-angan memiliki usaha untuk antisipasi di masa depan. 

"Awal nikah masih di rumah saja. Suami ikut orang tua. Lah anak umur 1,5 saya kerja di pabrik wig. Di sana saya kerja hampir 12 tahun, terus saya keluar. Keluar tapi di rumah masih ada karyawan, yang kerja wig," ungkap Enik. 

"Terus saya sama bapak punya angan-angan, untuk antisipasi ke depanya, namanya juga pabrik, setidaknya biar ada jaga-jaga. Kan kalau jam 15.00 gitu ngelangut ya, terus yasudah kita jalan-jalan. Lihat ini (ruko) baru dibangun yasudah wes ayo jualan," tambahnya. 

Namun usahanya tak langsung ramai begitu saja. Saat pertama buka, ia pun juga sempat warungnya merasakan sepi pembeli. Lambat laun, warungnya semakin ramai dan dikenal masyarakat.

Baca juga: Resep Minyak Bawang Putih buat Bikin Mie Ayam ala Abang Penjual

 

Bahkan kini banyak pelanggan dan wisatawan yang menyempatkan datang ke Kulon Progo untuk mencicipi sajian dari warung Mie Ayam dan Bakso Balungan Aa. 

"Pembelinya dari orang Kulon Progo sama wisatawan, tapi pelanggan dari Yogyakarta juga banyak. Kadang pada menyempatkan ke sini, cuma buat makan," tutur Enik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com