Kompas.com - 14/10/2021, 11:43 WIB
ilustrasi kerang kupas atau kerang tanpa cangkang. SHUTTERSTOCK/joyotejoilustrasi kerang kupas atau kerang tanpa cangkang.

KOMPAS.com - Selain kerang yang masih lengkap dengan cangkangnya, beberapa kerang juga kerap dijual tanpa cangkang atau biasa disebut kerang kupas.

Kualitas kerang kupas yang masih bagus dan tidak terbilang sulit dibedakan.

"Saya selalu sarankan untuk lebih baik beli yang utuh karena kalau yang sudah terbuka gitu agak sulit membedakannya tetapi sih bisa diantisipasi baunya cuma tidak 100 persen ya," kata Akbar Yorando, Sous Chef di The Botanica Sanctuary kepada Kompas.com, Rabu (13/10/2021).

Kerang kupas segar warnanya cerah

Akbar mengatakan, kerang kupas yang memiliki kualitas bagus biasanya terlihat lebih segar.

"Kalau dari teksturnya saja kurang lebih keliatan fresh, warnanya masih cerah, kalau sudah gelap atau pudar gitu, sudah indikasi kurang bagus," tutur Akbar.

Sama seperti kerang lainnya, kerang tanpa cangkang juga harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak.

"Sebenarnya sama saja karena si cangkang dia lebih ke tempat doang sih ya. Kalau tanpa cangkang kan kemudahannya saja ya tinggal pakai sendok, kalau cangkang kan mungkin harus dibuka dulu, dikorek dulu, kalau untuk masak sama saja," ujar Akbar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga:

ilustrasi kerang kukus. SHUTTERSTOCK/photohwan ilustrasi kerang kukus.

Hindari air panas

Untuk membersihkan kerang tanpa cangkang, kamu hanya perlu menyiapkan air bersih dengan suhu normal atau dingin.

Akbar menyarankan, sebaiknya jangan menggunakan air panas untuk membersihkan kerang tanpa cangkang.

"Cukup air mengalir saja yang penting airnya bersih dan harus dipastikan juga jangan pakai air panas. Kalau air panas kan takutnya akan memengaruhi tekstur si kerang gitu," tutur Akbar.

Selain dicuci dengan air mengalir, Akbar juga mengatakan bahwa kerang tanpa cangkang bisa dibersihkan dengan cara direndam.

"Boleh saja (direndam), kita tidak ada teknik biar dia lebih rasanya lebih bagus, kalau mau direndam dulu itu lebih ke pilihan saja," pungkasnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this guide on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A guide shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.