Kompas.com - 03/03/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi minyak bawang putih untuk chinese food. SHUTTERSTOCK/ROSDANIARIlustrasi minyak bawang putih untuk chinese food.

KOMPAS.com - Trik membuat mi ayam lezat ala abang penjual terletak pada penggunaan minyak bawang. Rasa dan aroma mi jadi makin umami kalau menggunakan minyak bawang.

Menurut Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso mengutip Kompas.com, (22/11/2019), minyak bawang putih juga berfungsi membuat mi tidak lengket.

Baca juga: Rahasia Kelezatan Bakmi Ayam, dari Bikin Minyak Khas sampai Topping

Kamu bisa membuat sendiri minyak bawang putih untuk bekal membuat mi atau bakmi favorit di rumah.

Cara membuat minyak bawang ini hanya membutuhkan dua bahan utama. Selengkapnya, ikuti resep minyak bawang dari Asian Inspirations berikut.

Resep minyak bawang

  • 1 bonggol bawang putih, kupas dan cincang kasar
  • 240 ml minyak goreng

Baca juga: Resep Bakmi Bangka, Cocok untuk Sarapan Bersama Keluarga

Cara membuat minyak bawang

1. Panaskan minyak dalam wajan dengan api besar.

2. Setelah sekitar 1 menit, masukkan bawang putih cincang. Kecilkan api jadi sedang.

Aduk bawang putih sesekali. Pastikan bawang putih mengeluarkan gelembung. Goreng sampai bawang putih menjadi coklat keemasan. 

3. Kalau sudah matang, masukkan minyak bawang putih ke dalam stoples atau wadah bertutup yang tahan panas.

Baca juga: Masak Apa Hari Ini? Coba Resep Ayam Bakar Saus Bawang Putih

Tips membuat minyak bawang

Bawang putih akan terus mengalami proses masak selama terkena minyak panas. Kamu dapat matikan kompor sebelum bawang putih berubah warna terlalu coklat.

Sementara itu, menurut Serious Eats kamu dapat menyaring minyak bawang. Letakkan dulu bawang di atas loyang berlapis kertas roti. Minyak taruh di mangkuk.

Saat minyak mulai dingin, bisa campur kembali dengan bawang putih goreng. Baru simpan dalam stoples kaca. Minyak bawang putih pun siap digunakan kapan saja.

Terkait bahan tambahan, Chef Stefu menyarankan untuk menambahkan penyedap rasa dan kecap asin secukupnya pada minyak bawang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X