Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2021, 19:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang senang-senangnya membuat aneka sajian manis di rumah? Tentu saja, kamu tidak boleh melewatkan roti goreng yang cukup familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Ada pun roti goreng yang sering dijumpai adalah donat, odading, dan cakwe. Kalau kamu memiliki rencana untuk membuat aneka roti goreng di rumah.

Ketahui bahan untuk membuat roti goreng beserta fungsinya agar lebih paham. Melansir dari buku “Roti Goreng Modern” oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut penjelasannya.

1. Tepung terigu

Bahan dasar membuat roti goreng yang utama adalah tepung terigu. Jenis tepung terigu yang digunakan untuk membuat roti goreng disarankan yang mengandung protein antara 11-13 persen.

Kamu bisa menggunakan campuran tepung terigu protein tinggi dan sedang. Kalau kamu ingin membuat roti goreng dengan hasil yang empuk dan ringan, sebaiknya gunakan tepung terigu protein sedang saja.

Baca juga: Jenis Tepung Terigu untuk Kue Kering, Penting agar Kue Tidak Keras

2. Gula

Sudah pasti dalam membuat adonan roti atau kue membutuhkan gula. Ada takaran untuk cara menggunakan gula yang pas yaitu tidak lebih dari 15 persen dari berat tepung yang digunakan.

Bahan untuk roti goreng yang satu ini memiliki fungsi sebagai pemberi rasa dan warna.

Selain itu, untuk adonan roti yang menggunakan ragi, biasanya gula bisa membuat adonan empuk. Gula juga bisa menjadi pengawet roti agar tahan lama.

Baca juga: Cara Bedakan Gula Alami dan Pemanis Buatan pada Makanan

3. Garam

Kalau ada gula, sudah pasti ada garam. Garam memiliki fungsi pada adonan roti goreng yaitu sebagai pemberi rasa dan pengontrol fermentasi.

Namun, perlu diingat untuk tidak mencampurkan garam pada ragi. Hal ini karena garam bisa menghambat kinerja ragi pada adonan.

Sebaiknya, taburkan garam pada adonan di waktu akhir proses memasukkan bahan-bahan kering.

4. Margarin

Ada banyak jenis lemak yang biasanya digunakan dalam pembuatan roti goreng. Di antaranya, ada margarin, mentega, atau shortening.

Penggunaan lemak untuk membuat adonan roti goreng sebagai pelumas. Selain itu, lemak juga bisa menghadirkan rasa gurih dan aroma lezat pada adonan roti goreng.

Baca juga: Perbedaan Mentega dan Margarin untuk Bikin Kue dan Masakan

5. Susu

Penggunaan susu bubuk atau cair pada adonan roti goreng berfungsi untuk membantu proses fermentasi.

Namun perhatikan betul penambahan susu cair. Kalau kamu berniat menggunakan susu cair daripada susu bubuk pada adonan roti goreng, sebaiknya kurangi takaran bahan cair lainnya agar adonan tidak lembek.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com